Seperti Apa ya 5 Hewan Ini Memandang Manusia?

Seperti Apa ya 5 Hewan Ini Memandang Manusia?
Pernah penasaran seperti apa hewan-hewan ini melihatmu? (Pixabay)

Kamu mungkin menganggap cara hewan memandang manusia sama saja dengan cara pandang manusia ke mereka. Padahal, nggak demikian lo. Yuk, simak apa kata sains.

Inibaru.id - Binatang mempunyai cara pandang sendiri terhadap manusia termasuk lingkungan sekitarnya. Bukan cuma hewan liar, peliharaan pun akan melihat majikannya secara berbeda.

Sains pernah melakukan penelitian mengenai cara pandang hewan terhadap manusia. Hm, seperti apa hasilnya?

1. Gajah

Gajah nggak melihatmu sebagai makhluk imut. (Freepik)
Gajah nggak melihatmu sebagai makhluk imut. (Freepik)

Bisa jadi kamu pernah berpikir kalau gajah menganggap manusia makhluk yang imut karena bentuknya yang lebih kecil. Sama dengan cara pandang manusia terhadap anak anjing atau kucing. Tapi ternyata hal itu kurang tepat lo. 

Pada jurnal di laman NCBI 2014 silam, cara pandang gajah cukup diskriminatif. Hal ini ditengarai karena sifat gajah yang penuh empati. Ia akan mengingat siapa pun yang memperlakukannya dengan baik dan sebaliknya. 

Kalau ada yang mendekati orang yang baik padanya, ia akan merasa cemburu. Gajah juga sensitif terhadap warna. Jika ada orang dengan baju merah menyakitinya, ia mungkin akan menyerang orang lain yang mengenakan warna baju sama. 

2. Ular

Ulat takut pada manusia. (Pixabay/SIPA)
Ulat takut pada manusia. (Pixabay/SIPA)

Sebagian besar manusia memandang ular sebagai ancaman. Padahal ,justru ular yang menganggap manusia sebagai ancaman. Jika ada ular yang menyerang, ini semata-mata karena ia sudah kepepet. Hal tersebut tertuang dalam artikel ilmiah yang diterbitkan Oklahoma State University.

Dalam artikel itu juga disebutkan bahwa ada banyak hal nggak mendasar yang membuat manusia takut pada ular. Hewan ini sebenarnya selalu menjauhi manusia. Mungkin kamu lagi sial saja kalau pas ketemu. Atau, kamu memang sengaja mencarinya? Ha-ha.

3. Kucing

Kucing berharap kamu sepintar mereka. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kucing berharap kamu sepintar mereka. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Dalam catatan National Geographic, hewan ini menganggap manusia sebagai makhluk yang kikuk. Baginya, nggak ada hal yang dilakukan manusia secara benar atau sesuai dengan harapannya.

Bukan melihat manusia itu bodoh ya. Namun, ia berpikir seharusnya manusia bisa secerdas ia. Duh, narsis juga ya?

Eits, nggak semua kucing begitu kok. Ada juga kucing yang merasa membutuhkan manusia untuk memberinya makan, meski sifat asli kucing adalah soliter. 

4. Anjing

Anjing memandang manusia dengan loyalitas. (Freepik)
Anjing memandang manusia dengan loyalitas. (Freepik)

Selain kucing, anjing juga sering dijadikan hewan peliharaan karena loyalitasnya. Ternyata begitu pun cara pandang anjing terhadap manusia.

Yap, menurut Psychology Today, anjing memandang manusia dengan loyalitas. Jika kamu menjadi majikan yang baik, ia akan menganggapmu sahabat atau keluarganya sendiri.

Hewan yang dengan mudah mengenali suara dan aroma tubuh pemiliknya ini akan menganggapmu alfa alias pemimpinnya.

5. Buaya

Manusia dipandang sebagai mangsa oleh buaya. (Freepik)
Manusia dipandang sebagai mangsa oleh buaya. (Freepik)

BBC Earth mencatat bahwa hewan buas ini memandang manusia sama dengan mamalia lainnya. Artinya, kamu juga akan menjadi mangsanya kalau ia lapar. Tahu sendiri kan buaya sangat suka mamalia.

Mungkin ada juga buaya yang berteman dengan manusia, tapi itu sangat sedikit. Kebanyakan berita, buaya memangsa manusia.

Ya, nggak ada yang salah sih. Buaya cuma mengikuti instingnya. Sebaiknya, manusialah yang harus berhati-hati terhadap hewan ini.

Nah, sudah tahu kan seperti apa kamu di mata hewan-hewan ini. Ada yang sesuai ekspektasimu nggak nih, Millens? (IDN/IB21)