Seperti Apa Perayaan Imlek di Berbagai Belahan Dunia?

Setiap negara memiliki budaya dan kultur khas sendiri setiap kali merayakan Tahun Baru Imlek. Seperti apa kemeriahannya?

Seperti Apa Perayaan Imlek di Berbagai Belahan Dunia?
Perayaan Imlek di Singapura. (jalanjajansingapura.com)

Inibaru.id – Perayaan Tahun Baru Imlek nggak hanya dilakukan di Indonesia, lo. Banyaknya komunitas masyarakat etnis Tionghoa yang bermigrasi ke berbagai negara membuat perayaannya juga dilakukan di berbagai belahan dunia. Lantas, seperti apa ya perayaan-perayaan Imlek di sana?

Detik.com, Senin (4/2/2019) menulis, setiap negara ternyata memiliki ciri khas perayaan Tahun Baru Imlek yang unik dan berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa perayaan Imlek tersebut.

  1. Tiongkok

Membicarakan Imlek tentu nggak akan lepas dari negara asalnya, yakni Tiongkok. Negara tetangganya seperti Hong Kong dan Makau juga nggak ketinggalan merayakannya.

Berbeda dengan hari libur Imlek di Indonesia yang hanya satu hari. Di Tiongkok libur bisa sampai 3 atau 5 hari. Lamanya waktu liburan ini membuat sebagian besar masyarakat memilih untuk pulang kampung atau berkumpul dengan keluarga besar saat merayakannya, persis dengan aktivitas mudik sebagaimana yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap kali Lebaran.

Selain menyemarakkan rumah-rumah dan tempat umum dengan pernak-pernik khas Imlek. Masyarakat Tiongkok biasanya akan pergi ke kuil di pagi hari. Setelahnya, mereka akan berkumpul bersama keluarga dan memberikan angpao kepada anak-anak. Di hari pertama dan kedua liburan Imlek juga biasanya dihiasi dengan pesta kembang api.

  1. Singapura

Millens tahu nggak kalau 70 persen penduduk negara tetangga Singapura ini merupakan etnis Tionghoa? Hal ini tentu membuat perayaan Imlek di sana berlangsung dengan sangat meriah.

Terdapat sebuah tradisi unik masyarakat Singapura dalam merayakan Imlek, yakni memperebutkan sashimi saat makan bersama dengan keluarga. Mereka yang berhasil merebut daging disebut-sebut akan mendapatkan keberuntungan melimpah di tahun depan.

Masyarakat Singapura juga biasanya akan mendatangi Kreta Ayer Square saat Imlek demi melihat parade Chingay dan membeli berbagai barang di bazar. Selain itu, mereka juga akan membeli buah jeruk yang dianggap sebagai simbol kebahagiaan.

Sebagaimana saat Lebaran di Indonesia, masyarakat Singapura juga akan memakai pakaian baru saat Imlek. Bahkan, mereka juga akan mengganti sprei atau selimut di rumah dengan yang baru.

  1. Malaysia

Selain ramai dengan pernak-pernik khas Imlek di berbagai bagian kota, masyarakat Malaysia juga memiliki tradisi unik saat merayakan Imlek, yakni dengan makan buah nanas. Buah ini disebut-sebut bisa membawa keberuntungan. Karena alasan inilah saat Imlek biasanya buah ini laris manis karena diborong etnis Tionghoa setempat.

  1. Amerika Serikat

Imlek ternyata juga dirayakan di Amerika Serikat lo. Sebagai contoh, Chinatown yang ada di Kota San Fransisco, California mengadakan parade untuk merayakan Imlek di jalan Grant Avenue dan Kearny Street.

  1. Vietnam

Di Vietnam, perayaan Imlek sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat karena biasanya identik dengan banyak sekali makanan lezat. Salah satunya adalah zonzi yang terbuat dari beras ketan. Makanan ini cenderung mirip dengan kue bulan yang bisa ditemukan di Indonesia.

Masyarakat Vietnam juga membeli bunga persik untuk mencegah kedatangan roh jahat dan buah kumquat untuk mendatangkan keberuntungan.

Ternyata perayaan Imlek di setiap negara berbeda-beda ya Millens? Kalau di kota tempat tinggal Millens, perayaannya meriah nggak? (IB09/E05)