Lantaran Takut Tangannya Kotor, Gorila Ini Berjalan Laiknya Manusia

Gorila di Kebun Binatang Philadelphia ini berjalan tegak dengan dua kaki lo, Millens. Seperti apa?

Lantaran Takut Tangannya Kotor, Gorila Ini Berjalan Laiknya Manusia
Gorila berjalan seperti manusia. (Philadelphia Zoo)

Inibaru.id - Apa yang kamu pikirkan tentang gorila? Pasti nggak jauh-jauh dari hewan yang berjalan menggunakan kedua tangan dan kakinya bukan? Namun, ada yang berbeda dengan gorila di kebun binatang Philadelphia, Amerika Serikat, yang satu ini.

Alih-alih menggunakan kaki dan tangannya untuk berjalan laiknya primata lain, gorila ini justru memilih berjalan dengan dua kaki seperti manusia, sementara kedua tangannya memegang buah. Besar kemungkinan hal ini dilakukan agar buah di kedua tangannya nggak terkena kotoran.

Baca juga:
Trie Utami Turut Serta dalam Kolaborasi Unik Dua Seniman Beda Latar Belakang
Kisah Duo Polwan Ungkap Sindikat Perdagangan Manusia

Seperti ditulis Kumparan.com, Senin (19/3/2018), area kebun binatang tempat tinggal gorila tersebut memang terlihat digenangi lumpur.  Tentu saja perilaku ini nggak lazim dilakukan seekor gorila. Mengutip Associated Press, gorila bernama Louise tersebut memiliki berat badan 500 pound (sekitar 226 kilogram) dan tinggi sekitar 182 sentimeter.

Louise merupakan gorila spesies dataran rendah bagian barat di hutan Afrika yang terancam punah. Selain berjalan dengan dua kaki, Louise juga berjalan tegak, berbeda dengan gorilla lain yang umumnya berjalan agak membungkuk.

Kurator Primata dan Mamalia Kecil Kebun Binatang Philadepia, Michael Stern, mengatakan, perilaku Louise yang berjalan tegak itu sangat nggak biasa bagi gorila. Menurutnya, di alam liar gorila hanya berjalan tegak selama beberapa detik untuk mengambil makanan atau mengarungi rawa.

Baca juga:
Naik Podium di Seri Perdana MotoGP 2018, Rossi Tegaskan Belum Habis!
Nggak Ada Kebocoran dan Penjualan Data Kartu SIM!

Stern juga mengonfirmasi bahwa di kandang gorilla tersebut saat itu memang tengah ada pemasangan selang pemadam kebakaran sehingga mengakibatkan adanya banyak genangan lumpur.

Hm, lucu juga sih kalau para gorila itu berjalan tegak. Jadi semakin mirip dengan manusia ya kalau begitu. Ya nggak, Millens? (TS/GIL)