Sepele Sih, Tapi Hal Ini Buktikan Kamu Egois

Sepele Sih, Tapi Hal Ini Buktikan Kamu Egois
Egois memang manusiawi, tapi kalau berlebihan nggak baik ya. (PIXABAY)

Nggak ada orang yang mau mengakui dirinya egois, tapi fakta dari kelakuan ini justru akan membuatmu sadar bahwa kamu salah satunya. Penasaran?

Inibaru.id – Egois adalah orang yang mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Lalu apakah kamu termasuk orang yang egois? Tentu jawaban kamu adalah “nggak”. Tapi jangan menyangkal dulu karena beberapa tindakan kecil ini membuktikan kamu itu egois.

Membuang Sampah Sembarangan

Kalau kamu termasuk orang yang dengan tanpa dosa membuang sampah di sembarang tempat, maka fix kamu egois. Mungkin kamu berdalih bahwa semua orang juga melakukannya. Tapi bukan itu poinnya. Intinya, kamu tahu buang sampah sembarangan berakibat buruk bagi lingkungan dan tetap kamu lakukan. Kamu nggak pedulu dampak negatif yang dialami orang lain gegara itu.

Nggak On Time Saat Janjian

Nggak ada yang lebih berharga selain waktu sebab waktu nggak bisa diulang. Maka jangan sampai kamu membuang waktu orang lain dengan percuma. Selain membuat orang lain bete, hal ini pun menjadikanmu orang yang bersifat egois.

Melanggar Rambu Lalu Lintas

Beberapa orang beranggapan hal ini adalah hal sepele tanpa memikirkan sebab akibat dari tindakannya. Yups, dengan menerobos rambu lalu lintas kamu membuat orang lain kewalahan hingga rawan terjadi kecelakaan.

Menggunakan handphone saat menyetir, kebut-kebutan, menerobos lalu lintas, atau melawan arah merupakan contoh dari tindakan egois yang kamu lakukan.

Merokok di Tempat Umum

Kalau kamu salah satu orang yang doyan merokok dengan mengabaikan tempat, berarti kamu egois. Kalau pun ada beberapa orang yang melakukannya, bukan berarti menjadi pembenaran kan? Seharusnya merokok hanya kamu lakukan di ruang khusus merokok.

Menunda Membalas Chat

Hayo siapa yang sering melakukan hal ini? Beberapa dari kamu pasti pernah melakukannya. Mungkin memang sepele tapi ini merupakan tindakan yang egois. Saat kamu telah membaca chat tapi nggak kunjung membalas, ini membuat si pengirim berpikir yang nggak-nggak. Nah, kalo kamu sedang sibuk cukup dengan bilang “sebentar” agar si pengirim tahu bahwa kamu sibuk.

Karena manusia kodratnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain jadi ayo perbaiki diri dan jadi lebih peduli pada orang lain dalam aspek kehidupan. (IB30/E05)