Sepeda Motor Terbakar Saat Disemprot Disinfektan, Apa Penyebabnya?

Sepeda Motor Terbakar Saat Disemprot Disinfektan, Apa Penyebabnya?
Penyemprotan disinfektan pada sepeda motor. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Belakangan ini di media sosial viral video yang menunjukkan sepeda motor terbakar setelah disemprot cairan disinfektan. Kira-kira, apa penyebabnya ya?

Inibaru.id – Kejadian sepeda motor terbakar terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial. Kejadian bermula ketika pengendara motor diberhentikan oleh petugas jaga untuk disemprot cairan disinfektan. Hanya, saat disemprot, mendadak muncul api yang cukup besar. Api ini nggak hanya membakar sepeda motor, melainkan juga pengemudinya. 

Beruntung, kejadian ini nggak memakan korban jiwa. Pengendara motor langsung sigap saat mengetahui ada kobaran api dan menjauhkan sepeda motor dari genangan cairan disinfektan. Dia pun nggak mengalami luka bakar cukup parah.

Petugas di tempat kejadian juga bergerak cepat untuk mengatasi peristiwa ini. Dua drum berisi disinfektan dipindahkan agar menjauh dari kobaran api. Sementara itu, petugas lainnya ada yang membantu menarik sepeda motor yang terbakar. Ada petugas lain yang langsung mengambil alat pemadam kebakaran untuk disemprotkan ke kobaran api.

Kasus penyemprotan disinfektan yang membuat sepeda motor terbakar. (Batamclick)
Kasus penyemprotan disinfektan yang membuat sepeda motor terbakar. (Batamclick)

Ternyata, video kebakaran sepeda motor akibat penyemprotan cairan disinfektan ini terjadi di India, tepatnya di Ahmedabad, negara bagian Gujarat. Meski begitu, karena proses penyemprotan cairan disinfektan pada kendaraan kerap dilakukan di banyak tempat, video ini pun langsung viral di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Penyebab Motor Terbakar

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana bisa sepeda motor terbakar saat disemprot cairan disinfektan. Ternyata, hal ini memang bisa terjadi, lho. Pemicunya adalah kandungan di dalam cairan disinfektan berupa isopropil alkohol atau etanol yang mudah terbakar.

Hal ini diungkap oleh Ribut Wahyudi, Kepala AHASS Bintang Motor di Cinere, Jakarta. Menurut pendapatnya, kebakaran pada sepeda motor disebabkan oleh penyemprotan cairan disinfektan pada bagian mesin yang sedang panas.

"Namun, saya belum bisa menyimpulkan tentang seberapa banyak kandungan alkohol di dalam cairan disinfektan atau seberapa panas suhu mesin yang bisa membuatnya terbakar," ujarnya.

Bahaya penyemprotan disinfektan pada sepeda motor. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Bahaya penyemprotan disinfektan pada sepeda motor. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Teknisi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Jl. Dewi Sartika Jakarta Timur, Dido, turut memberikan penjelasan mengenai penyebab terbakarnya sepeda motor setelah disemprot disinfektan.

"Bisa dilihat dulu cairan disinfektannya dicampur apa? Sehingga ada percikan api langsung menyala, ini bisa juga terjadi korsleting kabel hingga ada panas yang menyebabkan munculnya titik api," kata Dido.

Dia pun menekankan pentingnya perawatan kendaraan secara berkala demi mencegah hal ini terjadi. Apalagi di Indonesia proses penyemprotan disinfektan cukup sering terjadi.

"Ini juga bisa juga terjadi karena ada kerusakan pada sistem kelistrikan, bisa dari soket-soket kabelnya yang bocor," tambahnya.

Pastikan kondisi sepeda motormu dalam kondisi prima dan terawat sehingga nggak mudah terbakar meski disemprot disinfektan di jalan, ya Millens(Det/MG29/E07)