Sepanjang Tahun Ini, 3 Gajah di Aceh Timur Terjerat Perangkap Liar

Sepanjang Tahun Ini, 3 Gajah di Aceh Timur Terjerat Perangkap Liar
Anak gajah yang terjerat kakinya. (Medcom)

Sejak awal 2019, setidaknya ada tiga kasus gajah liar yang kakinya terjerat di Aceh Timur. Diperkirakan, jeratan ini dipasang pemburu.

Inibaru.id – Sepanjang 2019, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menangani tiga kasus gajah liar yang terjerat kakinya di Kabupaten Aceh Timur. Dua gajah bahkan diketahui mengalami luka parah akibat jeratan tersebut.

Dua gajah yang ditemukan tim BKSDA, Forum Konservasi Lingkungan (FKL), dan drh. Anhar Lubis dalam kondisi luka parah di kawasan Afeling 3 lahan perkebunan milik PT Aloer Timur, Kecamatan Simpang jernih pada Minggu (28/7/2019) dan Senin (29/7). Lokasi ditemukannya dua gajah ini tidak berjauhan.

“Sudah ada tiga kasus gajah liar terjerat kakinya di Kabupaten Aceh Timur sejak awal 2019. Terakhir dua gajah betina dewasa dengan anak berusia satu tahun dan tujuh bulan ditemukan di lokasi yanga nggak berjauhan. Gajah-gajah ini bisa diobati dan kemudian dilepas kembali,” ucap Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji seperti ditulis laman Kompas, Rabu (31/7/2019).

Menurut tim yang menemukan, kedua gajah tersebut memiliki luka jerat yang identik.

“Ciri luka yang ditemukan pada kedua gajah identik. Besar kemungkinan terjebak perangkap di lokasi yang sama karena posisi kedua gajah juga nggak berjauhan,” ucap Sapto.

Diperkirakan kabel jerat besar ini dipasang pemburu sekitar satu bulan lalu.

“Kalau dilihat dari kondisi luka pada kaki gajah. Sepertinya dipasang satu bulan lalu. Ukuran kabel jerat ini cukup besar, sekitaran satu jempol. Jadi, kemungkinan memang sengaja dipasang untuk menjerat gajah,” lanjutnya.

Sebelum itu, pada Selasa (18/6) silam, seekor bayi gajah terjerat kakinya hingga mengalami luka parah. Gajah ini ditemukan di kawasan hutan Kecamatan Simpang jerinih, Kabupaten Aceh Timur. Bayi berjenis kelamin betina ini langsung dilarikan ke Conservation Respons Unit (CRU) Serbajad, Loskop, Aceh Timur untuk mendapatkan penanganan medis.

Ditunggu Kawanannya

Hal menarik dapat dilihat saat gajah yang sudah diobati dilepasliarkan. Gajah yang terjerat ternyata sudah ditunggu kawanannya yang berada sekitar 100 meter dari lokasi tempat gajah terjerat.

Duh, kasihan, ya Millens. Semoga nggak ada lagi kasus gajah yang dijerat kakinya atau diburu. Pemerintah perlu mengambil langkah tegas untuk menghentikan aksi ini. (IB09/E04)