Sepanjang Debat Terakhir Pilpres 2019, Ada …

 Sepanjang Debat Terakhir Pilpres 2019, Ada …
Kedua capres saling berpelukan usai debat. (Antara Foto/ Wahyu Putro Aji)

Selama debat pemungkas Pilpres 2019 yang diadakan di Hotel Sultan Jakarta, ada banyak hal menarik yang bisa diulik. Berikut ketiga hal itu.

Inibaru.id – Sehari sebelum masa tenang kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar Debat Capres Cawapres Pilpres 2019. Debat pemungkas ini dilangsungkan di Hotel Sultan, Jakarta dengan mengusung tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri.

Seperti biasa, dalam debat kedua pasangan calon (paslon) saling mengungkapkan pendapat dan argumen. Mereka berdebat sesuai dengan tema yang ditetapkan, tapi terlebih dulu mereka mengungkapkan visi misi terkait tema tersebut.

Sepanjang debat terakhir ini, ada sejumlah hal menarik yang diungkapkan kedua paslon. Berikut tiga di antara hal menarik itu.

Prabowo Sebut “UUD 1145”

Sebelum moderator membacakan pertanyaan-pertanyaan panelis, setiap paslon disilakan menyampaikan visi misi terkait tema yang dibahas. Calon presiden nomor urut 01 Prabowo Subianto diketahui salah menyebutkan tahun Undang-Undang Dasar. Saat itu, Prabowo nggak menyebut 1945 melainkan 1145.

“Dalam Undang-Undang Dasar 1145 sudah sangat jelas rancang bangun kita, sangat jelas bahwa kita tidak bisa membiarkan kekayaan nasonal mengalir ke luar negeri,”ujarnya.

Sandi Sebut Nama Ibu Nurjanah, Ibu Mia, dan Rahman

Persis seperti debat-debat sebelumnya, cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno kembali membawa sejumlah nama di panggung debat. Pada debat terakhir, dia mengucapkan tiga nama yang langsung viral di media sosial.

Saat memaparkan visi misi, Sandi menyeut Ibu Nurjanah di Langkat. Menurut Sandi, ibu tersebut mengeluhkan keadaan pasar yang sepi pembeli.

Dia juga menyebut Ibu Mia di Tegal. Sandi kemudian menceritakan kalau Ibu Mia ini yang mengeluhkan tarif listrik yang naik.

Lelaki 49 tahun itu juga membawa nama Rahman yang konon merupakan milenial yang sukses.

“Saya teringat cerita dari Rahman, anak muda milenial. Dia menggunakan teknologi di industri pertanian,” kata Sandi.

Jokowi Singgung E-sport

Pada sesi debat terbuka, capres sekaligus petahana Jokowi menanyakan perihal e-sport kepada capres nomor urut 2 Prabowo. Jokowi bertanya tentang cara pengembangan e-spot yang akan dilakukan Prabowo. Lelaki asal Surakarta, Jawa Tengah itu bahkan menyebut beberapa gim ternama seperti Mobile Legend, PUBG, dan Dota.

Namun, Prabowo rupanya kurang trengginas dalam menjawab pertanyaan ini. Dia justru menanggapinya dengan data-data seputar pertanian.

Hm, debatnya sudah selesai nih, Millens. Kamu sudah menentukan pilihan untuk 17 April nanti kan? (Ida Fitriyah/E04)