Senjata Sakti buat yang Nganggur Karena Corona, Kartu Prakerja!

Senjata Sakti buat yang Nganggur Karena Corona, Kartu Prakerja!
Pekerja yang dirumahkan atau kena PHK disarankan untuk mendaftar Kartu Prakerja. (Inibaru.id/ Audrian F)

Gubernur Jawa Tengah menyebut Kartu Prakerja yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat akan digunakan untuk memberi solusi kepada para pegawai yang terkena PHK atau dirumahkan saat masa corona berlangsung.

Inibaru.id - Wabah covid-19 turut membuat kegiatan industri jadi terhambat bahkan terhenti. Imbasnya, perusahaan memilih untuk merumahkan atau bahkan mem-PHK karyawannya karena nggak kuat menggaji.

Di Jawa Tengah, sampai 6 April 2020 tercatat ada 191 perusahaan dengan total 148.791 karyawan yang menanggung nasib akibat corona. Alhasil, sebanyak 24.240 karyawan nggak hanya dirumahkan tapi juga di-PHK.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berusaha menenangkan karyawan. Kata Ganjar, Pemerintah nggak akan tinggal diam. Sejumlah solusi sudah diputuskan salah satunya dengan menyiapkan Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja yang akan digunakan. (Sindo)<br>
Kartu Prakerja yang akan digunakan. (Sindo)

“Silakan mendaftar di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota atau Provinsi. Ini program dari Pemerintah Pusat bisa dimanfaatkan,” pungkas Ganjar, Selasa (7/4).

Kartu Prakerja ini nggak Cuma bisa digunakan oleh karyawan namun masyarakat yang belum bekerja pun juga bisa. Syaratnya antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan nggak sedang ikut pendidikan formal.

Ganjar pun juga menyampaikan kalau kuota Kartu Prakerja Jateng sejumlah 421.705 orang dengan total anggaran Rp 1,49 triliun. Hingga saat ini baru ada 19 ribu orang yang mendaftar atau belum ada 5 persennya.

“Peluang masih terbuka lebar. Tapi saya sarankan segera mendaftar,” tukasnya.

Meski keadaan sedang limbung karena corona, Ganjar berusaha menenangkan para pekerja dengan menyerankan Kartu Prakerja. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Meski keadaan sedang limbung karena corona, Ganjar berusaha menenangkan para pekerja dengan menyerankan Kartu Prakerja. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kartu Prakerja bagi karyawan yang kena PHK akan mendapat sejumlah fasilitas selama empat bulan senilai Rp 3.550. 000. Secara rinci, Rp 1 juta untuk anggaran pelatihan, Rp 2,4 juta untuk uang saku, dan Rp 150 ribu untuk uang survei.

"Jadi jangan berkecil hati, silakan segera mendaftar. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa pakai masker," tuturnya.

Ganjar pun kembali memaparkan kalau jumlah perusahaan di Jawa Tengah ada 23.994 dengan jumlah pekerja mencapai 1.679.808 orang. Sebanyak 910.577 laki-laki dan 769.231 perempuan.

Yuk, Millens daftar segera! (IB28/E05)