Sempat Viral, Kabar Mamah Dedeh Meninggal Ternyata Hoaks

Sempat Viral, Kabar Mamah Dedeh Meninggal Ternyata Hoaks
Mamah Dedeh saat memberikan ceramah. (ruangkeluarga.id)

Untuk kesekian kalinya, pendakwah Mamah Dedeh diisukan meninggal. Kali ini, kabar meninggalnya ustadzah yang terkenal dengan gaya ceplas-ceplos itu beredar di Whatsapp. Pihak keluarga dan rekan-rekannya pun membantahnya.

Inibaru.id – Pendakwah kondang Mamah Dedeh dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (26/5/2020) kemarin. Ini bukan kabar pertama Mamah Dedeh diisukan meninggal, tapi sudah kedua atau ketiga kalinya. Kabar terbaru kematian ustadzah kelahiran Ciamis itu beredar secara berantai melalui pesan Whatsapp yang berbunyi:

"Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazah tercinta panutan Muslim tanah air, MAMAH DEDEH pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB, karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN."

Kabar meninggalnya Mamah Dedeh dibantah keluarganya. (Garudacitizen.com)
Kabar meninggalnya Mamah Dedeh dibantah keluarganya. (Garudacitizen.com)

Saat dikonfimasi, pihak keluarga yang merupakan menantu dari anak kedua Mamah Dedeh, Fitra Maryadi membantah kabar itu. Fitra memastikan hal tersebut nggak benar alias hoaks. Menurut Fitra, Mamah Dedeh berada dalam kondisi sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa.

"Mamah masih sehat. Itu kabar hoaks. Hoaks semua itu, saya juga nggak tahu, nih," kata Fitra pada Rabu (27/5/2020).

Fitra juga mengungkap respons Mamah Dedeh terkait dengan kabar palsu ini. Mamah meminta semua pihak untuk mendoakan agar dirinya selalu sehat dan panjang umur. Sebagai informasi, Mamah Dedeh dan Fitra tinggal serumah di kawasan Depok, Jawa Barat. Mereka berdua mematuhi imbauan dari kelurahan untuk nggak menerapkan open house saat Lebaran demi mencegah penularan Covid-19.

Dibantah Abdel

Nggak hanya pihak keluarga yang membantah kabar hoaks ini, rekan Mamah Dedeh dalam acara "Mama dan Aa", Abdel juga membantahnya. Lewat Story dari akun Instagram pribadinya, Abdel memastikan bahwa perempuan bernama asli Dedeh Rosidah tersebut sehat walafiat.

"Banyak yang tanya ke gue, benar enggak Mamah Dedeh meninggal dunia seperti yang beredar di grup-grup WA (WhatsApp). Barusan gue telepon, Mamah Dedeh sehat, alhamdulillah. Jadi berita-berita itu nggak benar," ujarnya.

Abdel, presenter rekan Mamah Dedeh juga membantah kabar hoaks tersebut. (Visualindonesia.com)
Abdel, presenter rekan Mamah Dedeh juga membantah kabar hoaks tersebut. (Visualindonesia.com)

Setali tiga uang, Ustaz Yusuf Mansur pun mengatakan hal yang sama dengan Abdel. Dia memastikan Mamah Dedeh masih hidup dan sehat karena baru saja menerima telepon darinya.

Saat ditelusuri lebih lanjut, petugas Rumah Sakit Eka Hospital, Serpong, juga mengatakan jika pasien yang meninggal pada Selasa (26/5/2020) kemarin bukan Dedeh Rosidah (Mamah Dedeh), tapi Dedeh Syahrawati, istri mantan Wagub Banten Mochamad Masduki.

Kalau diisukan meninggal begini mitosnya panjang umur nih, Millens. Semoga saja ya Mamah Dedeh diberikan umur panjang. (Ant/MG26/E07)