Sempat Viral di Media Sosial, Bapak dari Bocah yang Lemas di Minimarket Diamankan Polisi

Diduga dimanfaatkan untuk mengemis, balita malang yang tergeletak di minimarket itu akhirnya diamankan polisi.

Sempat Viral di Media Sosial, Bapak dari Bocah yang Lemas di Minimarket Diamankan Polisi
Balita 11 bulan yang tergeletak lemas di minimarket lantaran diduga diajak mengemis oleh ayah kandungnya. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Menindaklanjuti temuan video seorang balita yang tergeletak lemas nggak jauh dari bapaknya di sebuah minimarket, pihak kepolisian pun segera mengambil tindakan. Bapak dan bocah berusia sekitar setahun itu saat ini diamankan Polres Metro Jakarta Pusat. Bapak dalam video yang viral di media sosial itu diklaim sejumlah warganet nggak mengasuh sang balita dengan baik.

Seperti ditulis Detik.com, Kamis (15/2/2018), bocah tersebut diduga dijadikan sebagai "peranti" mengemis oleh bapak kandungnya sendiri. Bocah itu terlihat lemas karena diduga kurang gizi. Menurut keterangan karyawan minimarket yang terletak di Jalan H Agus Salim, Jakarta Pusat, tersebut, setiap malam bapak-anak itu memang selalu datang untuk menukarkan uang hasil mengemis.

"Menindaklanjuti temuan video yang telah viral di media sosial pada hari Rabu (14/2) kemarin, anggota kami telah mengamankan Zafrul, pelaku sekaligus ayah kandung korban bernama Muhammad Ucok yang berusia 11 bulan," kata Kombes Roma Hutajulu, Kapolres Jakarta Pusat.

Baca juga:
KPK OTT Bupati Subang, Siapa Dia?
Bingung Libur Imlek Mau ke mana? Nonton Film Pai Kau Aja!

Berdasarkan penuturan Roma, Zalfur mengakui dirinya membawa anak itu untuk mengamen karena motif ekonomi.

"Dia mengajak bayinya mengamen agar mendapatkan penghasilan dari mengamen lebih banyak karena empati," sambungnya.

Lewat Instagram

Kisah ini kali pertama diunggah lewat Instagram oleh warganet bernama Nana Marlena. Perempuan 23 tahun itu menceritakan, kejadian yang dilihatnya itu berlangsung pada Selasa (13/2) pukul 22.00 WIB saat dia mampir ke minimarket.

Dia terus memperhatikan bocah malang itu yang terlihat begitu lemas dan lelah. Tubuh kecilnya dibiarkan tergeletak di lantai minimarket yang dingin. Sementara, pria yang diduga ayahnya terlihat duduk di kursi. Dia sibuk menghitung uang.

Nana yang prihatin kemudian menghampiri mereka. Saat ditanya, bapak tersebut malah nggak mengakui kalau bocah itu adalah anaknya. Nana pun mengunggah kisah itu ke Instagram miliknya dan menjadi viral. Banyak warganet yang merasa prihatin dan berharap bocah ini segera ditolong.

Baca juga:
Bandar Arisol "Mama Yona" Jadi Tersangka Kasus Penipuan
Tujuh Kepala Daerah Jadi Tersangka pada Awal 2018

Video bocah lemas di minimarket tersebut juga membuat Dinas Sosial DKI Jakarta turun tangan. Mereka mendapat banyak laporan dan segera melakukan penelusuran. Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Sosial DKI Jakarta Miftahul Huda mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari berbagai media sosial, baik Facebook maupun Instagram.

"Seketika itu juga petugas lapangan kita P3S Jakarta Pusat memantau keberadaan anak dan bapak tersebut," tegasnya(ANG/GIL)