Sempat Terganggu, Listrik Jawa-Bali Kembali Normal

Sempat Terganggu, Listrik Jawa-Bali Kembali Normal
Jaringan listrik Jawa-Bali diperbaiki. (Jurnalasia.com)

Akibat gangguan jaringan kelistrikan PLN, sejumlah wilayah di Jawa dan Bali mengalami pemadaman listrik pada Rabu (5/9/2018).

Inibaru.id – Sejumlah wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa barat, dan Bali mengalami pemadaman  listrik pada Rabu (8/9/2018) malam. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebut kondisi ini disebabkan gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati yang membuat putusnya saluran dari PLTU Paiton dan PLTU Pacitan.

Antaranews.com, Kamis (6/9) menulis, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka meminta maaf akibat gangguan ini.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Hal ini karena gangguan sistem 500 KV Pacitan-Grati. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan. Sebagian besar wilayah Bali sudah kembali normal,” ungkap Suprateka.

Sebelum ini, gangguan kelistrikan tersebut membuat pasokan listrik di Pulau Dewata berkurang. Kendati kini sudah kembali normal, Suprateka menyarankan warga untuk menurunkan pemakaian listrik sebagai antisipasi beban puncak. Hal itu diharapkan bisa menurunkan dampak pemadaman.

Sementara itu, di Jawa Timur, upaya pemadaman dilakukan dengan cara melokalisasi area yang mengalami gangguan saja sehingga diharapkan kondisinya tidak semakin memburuk. Hingga Rabu (5/9) sore, setidaknya 38 Gardu Induk 150kV yang ada di Jawa Timur sudah mampu memasuki sistem dan menyediakan energi listrik ke pelanggan.

Di Jawa Barat, terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton-Grati 1,2 yang membuat sebagian wilayah di Provinsi tersebut mengalami pemadaman. Sebagian kecil wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta juga mengalami pemadaman listrik. Kendati demikian, dalam tempo beberapa jam pasokan listrik kembali normal.

Akun Twitter @infolistrikdjty melalui unggahan pada Kamis (6/9) pukul 9:25 WIB menyebut seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta kembali normal pada pukul 22:44 WIB Rabu (5/9) malam. Menurut Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Hardian Sakti Laksana, sistem kelistrikan di Jawa Tengah dan DIY cukup andal sehingga mampu memulihkan gangguan dengan lebih cepat.

Namun, di kolom komentar unggahan tersebut terdapat beberapa warganet yang mengeluhkan pemadaman di wilayah Kelud, Semarang, Sumowono, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Batang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Menanggapi komentar itu, PLN meminta warga menghubungi nomor telepon 123 untuk melaporkan kejadian ini.

Semoga nggak terjadi gangguan listrik lagi ya, Millens. (IB09/E04)