Bukan Ulah Peretas atau Virus, Ternyata Ini Penyebab Facebook dan Instagram Semalam Sulit Diakses

Banyak orang berasumsi gangguan yang terjadi pada Instagram dan Facebook semalam merupakan ulah peretas atau terjangkit virus. Tapi ternyata gangguan teknislah yang menyebabkan hal itu terjadi.

Bukan Ulah Peretas atau Virus, Ternyata Ini Penyebab Facebook dan Instagram Semalam Sulit Diakses
Laman log in Facebook nggak dapat diakses. (nordic.businessinsider.com)

Inibaru.id – Kamu yang kesulitan mengunggah gambar di Instagram hingga nggak bisa masuk pada akun Facebook semalam pasti heran, apa yang sebenarnya tengah terjadi? Yap, semenjak tadi malam, dua media sosial tersebut memang sedang mengalami gangguan teknis. Bahkan, akibat dari gangguan tersebut, banyak warganet yang mengeluh hingga menjadikan tagar #instagramdown dan #facebookdown trending di Twitter.

Nggak sedikit orang yang berasumsi bahwa gangguan itu disebabkan oleh serangan virus maupun peretas (hacker) yang berupaya membobol sistem jaringan. Namun, semua dugaan itu dipatahkan dengan klarifikasi resmi dari pihak Facebook melalui akun Twitternya.

Klarifikasi resmi dari pihak Facebook melalui akun Twitternya. (Twitter.com)

“Fokus kami menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. Tapi, kami konfirmasikan masalah ini tidak terkait serangan DDoS", tulis pihak Facebook yang dilansir dari detik.com (14/3).

Puncak dari gangguan sistem ini terjadi pada pukul 02.00 WIB (14/03) dengan ditandai oleh meningkatnya laporan warganet yang mengeluh bahwa mereka nggak dapat mengunggah gambar di Instagram serta log in di akun Facebook-nya. Hingga laporan ini ditulis, gangguan belum sepenuhnya teratasi. Namun, para pengguna sudah bisa menggunakan kedua sosial media ini.

Semoga, gangguan teknis yang sedang terjadi ini dapat diatasi dengan segera ya, Millens! (IB23/E05)