Sempat <em>Down</em> Semalam; Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sudah Kembali Normal
Media sosial bermasalah. (Walesonline)

Sempat Down Semalam; Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sudah Kembali Normal

Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada Rabu (3/7/2019) malam kesulitan menggunakan platform tersebut. Namun, Kamis (4/7) pagi semua media sosial kembali normal.

Inibaru.id – Selama berjam-jam sejak Rabu (3/7/2019) malam hingga dini hari, pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp nggak bisa menggunakan media sosial tersebut. Namun, sejak Kamis (4/7) pagi, ketiga platform tersebut sudah kembali normal.

Melalui akun Twitter resmi, Facebook menyebut masalah pada media sosial ini sudah diselesaikan.

Hari ini, banyak orang yang mengalami masalah dalam mengunggah atau mengirim gambar, video, serta file-file lainnya di platform kami. Masalah ini sudah diatasi dan kini sudah bisa bisa digunakan seperti sedia kala,” tulis akun tersebut.

Hal yang sama juga diunggah akun Twitter resmi milik Instagram.

“Kami sudah kembali! Masalah sudah diatasi dan kini Instagram sudah normal 100 persen untuk semua. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi,” tulis akun ini.

Pada Rabu (3/7) malam di Indonesia, semua layanan yang berada di bawah Facebook Inc. memang mengalami gangguan. Padahal, pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp di Indonesia sangat banyak. Hal ini membuat banyak orang mengeluhkannya di media sosial yang nggak terdampak seperti Twitter.

Kebanyakan pengguna kesulitan untuk mengunduh atau mengunggah dokumen dengan ukuran yang cukup besar seperti foto dan video. Bahkan, ada yang sampai kesulitan untuk berkirim pesan di aplikasi WhatsApp. Sementara itu, di Instagram, kebanyakan pengguna nggak bisa memuat Stories sedangkan pengguna Facebook mengaku kesulitan untuk log-in dan melihat foto-foto atau Stories.

Tim Facebook menyebut ada masalah pada platform API. Kondisi itu sudah terjadi empat kali dalam tahun ini. Masalah tersebut terjadi di Benua Eropa, Amerika, dan sebagian wilayah di Asia, termasuk Indonesia.

Hayo siapa nih yang semalam bete karena nggak bisa membuka media sosial? (IB09/E04)