Grand Opening Mundur, Pasar Semarangan Tetap Ramai Pengunjung

Di Pasar Semarangan Tinjomoyo kamu dapat menjumpai aneka jenis makanan dari 4 etnis berbeda, yaitu Jawa, Tiongkok, Arab, dan Belanda. Selain itu ada juga kerajinan tangan dan dolanan anak. Sembari berjalan-jalan, kamu juga bisa mengambil gambar di spot foto yang Instagramabel. Hm, apa lagi ya?

Grand Opening Mundur, Pasar Semarangan Tetap Ramai Pengunjung
Pintu masuk ke Pasar Semarangan Tinjomoyo. (Inibaru.id/Faidah Umu S)

Inibaru.id – Sempat direncanakan akan dibuka pada Sabtu (7/4/2018), Pasar Semarangan Tinjomoyo mundur sehari. Namun begitu, "pasar" di kawasan hutan Kota Semarang, Jawa Tengah, yang mulai direvitalisasi pada Februari 2018 lalu ini sejatinya telah resmi diperuntukkan untuk umum.

Setelah proses revitalisasi selama 1,5 bulan, pra-launching Pasar Semarangan setidaknya telah menyedot sekitar tiga ribuan pengunjung pada 17 Maret 2018 lalu. Nah, apa saja yang ditawarkan Pasar Semarangan Tinjomoyo ini ya?

Konsep Pasar Semarangan Tinjomoyo secara garis besar menggambarkan konsep budaya dan tradisi Semarang yang identik dengan perpaduan empat unsur kebudayaan, yakni Jawa, Tionghoa, Arab, dan Belanda. Maka, makanan dan minuman yang dijual pun disesuaikan dengan unsur-unsur tersebut. Sementara, para penjual di pasar ini berasal dari seluruh pokdarwis di Kota Semarang.

Yang menarik, meski berkonsep pasar tradisional Semarangan, pasar ini juga menggunakan konsep pasar digital dalam proses transaksinya. Mereka menjalin kerja sama dengan BNI. Kepala UPTD Tinjomoyo Bambang Hadi Pramono menjelaskan, pembayaran di pasar ini memang seluruhnya secara digital.

"Jadi, nggak bisa bayar tunai, harus melalui aplikasi "Yap" (Your All Paymen) atau T-Cas," terang Bambang.

Kemudian, sebagai upaya menarik hati para pengunjung, selain pasar, panitia juga menyediakan area out bond, spot foto, wahana trampolin, dan hammock. Maka, meski Pasar Semarangan hanya buka tiap Sabtu pukul 15.00-21.00 WIB, pengunjung tetap bisa datang ke Tinjomoyo untuk menikmati wahana yang ada.

Pasar Semarang juga nggak lupa menggelar pertunjukan kesenian. Klub Merby menjadi salah satu pengisi acara Grand Opening Pasar Semarangan Tinjomoyo. Mereka menampilkan tarian-tarian anak yang lucu-lucu. Ada juga permainan-permainan anak, serta barang-barang kerajinan tangan yang didagangkan.

Semoga objek wisata Tinjomoyo ini bisa menjadi objek wisata andalan Kota Semarang ya, Millens. Terus berkembang dan selalu ramai pengunjung ya! (Faidah Umu S/E03)