Sempat Dianggap Hoax, Mobil Esemka Ternyata Dalam Tahap Produksi

Sempat Dianggap <em>Hoax</em>, Mobil Esemka Ternyata Dalam Tahap Produksi
Pekerja PT Esemka berbaris di dalam area pabrik perakitan mobil Esemka. (otomotif.kompas.com)

Mobil Esemka yang lekat dengan sosok Jokowi semasa masih menjabat menjadi Wali Kota Solo sempat dianggap hoaks oleh publik karena nggak kunjung diluncurkan ke pasaran. Tapi, fakta berikut menjelaskan bahwa mobil Esemka masih dalam tahap produksi bahkan sudah lulus uji emisi.

Inibari.id - Mobil Esemka yang beberapa tahun lalu ikut dipopulerkan oleh Jokowi yang kala itu menjadi Wali Kota Solo, sempat tenggelam dan dianggap hanya isapan jempol belaka dikarenakan tak juga mengaspal. Terlepas dari kabar tersebut, ternyata mobil tersebut masih diproduksi hingga kini. Kabarnya Presiden Jokowi masih tetap memantau produksi mobil Esemka.

Produksi per hari PT Esemka ini mencapai 40 unit mobil dengan model pikap 1.200 cc dan 1.300 cc yang diklaim memiliki komponen lokal mencapai 60%. Humas PT Esemka, Sabar Budhi juga mengatakan bahwa kedua model mobil ini juga sudah mendapat izin produksi masal dan uji emisi.

Dias Iskandar Saputra, Manajer Produksi PT Esemka mengatakan bahwa pabrik mereka terbagi atas beberapa bagian proses produksi dan perakitan mesin jenis diesel dan bensin. "Di pabrik ini kami ada diesel line, gasoline line, monocoque line, lalu nanti yang akan datang itu ada welding dan body painting. Untuk diesel difungsikan merakit mesin diesel 1.8 L, 2.5L, dan 2.7L, untuk yang bensin itu untuk kapasitas 1.2 (liter) dan 1.3 (liter),” tandasnya.

Wah gak sabar melihat mobil buatan dalam negeri ya, Millens. (IB27/E05)