Sempat Anggap Covid-19 Konspirasi Global, Kini Jerinx Suntik Vaksin Sinovac

Sempat Anggap Covid-19 Konspirasi Global, Kini Jerinx Suntik Vaksin Sinovac
Jerinx disuntik vaksin Covid-19. Padahal, sebelumnya dia sering kontra dengan kebijakan penanganan Covid-19. (Medcom/Antara/Fikri Yusuf)

Sepak terjang Jerinx dalam mengritik kebijakan penanganan pandemi Covid-19 masih sering dibahas masyarakat. Dia bahkan sempat menuduh IDI dan rumah sakit sebagai kacung WHO. Namun, belakangan Jerinx jadi lebih kompromis. Dia bahkan mau disuntik vaksin Sinovac. Ada apa gerangan?

Inibaru.id – I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx mengejutkan publik karena mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 berjenis Sinovac pada Minggu (15/8/2021). Dia mendapatkan vaksinasi ini di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Keputusannya mendapatkan vaksin Covid-19 bikin geger karena sebelumnya, Jerinx sering mengeluarkan pendapat yang kontra dengan praktisi kesehatan Indonesia terkait dengan penanganan Covid-19 di Indonesia. Penabuh drum band Superman is Dead (SID) ini bahkan sempat menyebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta rumah sakit sebagai kacung WHO!

Dia mengritisi berbagai kebijakan pemerintah terkait dengan Covid-19 karena menganggapnya nggak adil bagi masyarakat yang semakin tertekan di sisi ekonomi. Masalahnya, kritik yang dia buat di media sosial Instagram @jrxid dianggap mencemarkan nama baik dan disertai dengan ujaran kebencian.

Gara-gara hal ini Jerinx pun divonis hukuman 1 tahun 2 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Bali. Timnya kemudian mengajukan banding sehingga memotong masa hukumannya jadi 10 bulan saja. Jerinx pun bebas pada 8 Juni 2021 lalu.

Meski sempat dipenjara, bukan berarti Jerinx kemudian bungkam. Dia kembali mengeluarkan kritik keras terkait dengan penanganan Covid-19 oleh pemerintah. Dia bahkan menuduh sejumlah selebritas di-endorse sehingga mau mengungkap ke publik kalau sudah positif Covid-19.

Belakangan, Jerinx bahkan memiliki perseteruan baru dengan pegiat media sosial Adam Deni. Adam mempertanyakan dari mana data selebritas yang di-endorse kepadanya. Yang bikin heran, pada 2 Juli 2021, akun Intagram Jerinx tempat dia bersuara lantang kemudian lenyap. Jerinx pun menuduh Adam sebagai biang keladinya.

Jerinx saat disuntik vaksin Covid-19. (Detik/Karin)
Jerinx saat disuntik vaksin Covid-19. (Detik/Karin)

Adam pun kemudian melaporkan Jerinx karena menganggapnya memberikan ancaman dan kata-kata kasar. Jerinx pun kemudian dijadikan tersangka kasus pengancaman pada Sabtu (7/8).

Nah, dalam proses pemeriksaan kasus ini, Jerinx seperti mulai berubah. Dia cenderung lebih kompromis dan nggak se-ngeyel biasanya. Sejak 4 Juli 2021, di akun Instagram-nya yang baru @true_jrx, Jerinx mengaku sudah nggak mau berkomentar terkait Covid-19. Dia bahkan mengaku percaya dengan Covid-19 dan selama ini kritis agar publik melihat dari sudut pandang yang berbeda.

“Saya tidak pernah mengecilkan nilai nyawa siapapun, saya turut berduka atas semua korban Covid-19,” terang Jerinx.

Soal vaksinasi, Jerinx ternyata ragu untuk melakukannya. Bukan karena alasan konspirasi atau lain-lain, namun karena memiliki riwayat penyakit hepatitis. Dia pun memilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke pakar kesehatan sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Usai berdiskusi dengan ahli virus, Jerinx pun memutuskan untuk divaksin Sinovac. Vaksin ini disebut-sebut aman bagi orang dengan komorbid hepatitis seperti dirinya.

“Dokter Indro meyakinkan saya kalau Sinovac aman untuk orang yang punya riwayat penyakit seperti saya,” ujar Jerinx.

Dia juga menyarankan masyarakat Indonesia untuk nggak cemas divaksin. Jika memang memiliki riwayat kesehatan tertentu, dia meminta siapa saja berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Hm, kamu lega atau malah kecewa nih, bli Jerinx akhirnya mau divaksin Covid-19, Millens? (Tem,Cnn,Det/IB09/E05)