Semarang dan Solo Rawan Penularan Transmisi Lokal Covid-19

Semarang dan Solo Rawan Penularan Transmisi Lokal Covid-19
Warga memakai masker demi mencegah penularan Covid-19. (Flipboard)

Nggak hanya di Jakarta, virus corona juga sudah menyebar ke beberapa kota di Jawa Tengah. Hal ini membuat dua kota di Jawa Tengah, yakni Semarang dan Solo masuk dalam daftar wilayah rawan penularan transmisi lokal Covid-19.

Inibaru.id - Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 merilis laporan terkait indeks risiko wilayah yang terkena wabah virus Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa Semarang dan Solo masuk dalam wilayah yang rawan dan memiliki risiko tinggi dalam hal penularan lokal virus Covid-19.

Daftar Wilayah Berdasarkan Indeks Risiko Penularan Virus Covid-19

Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah merangkum data geografi Universitas Indonesia. Berikut daftar wilayah berdasarkan indeks risiko bencana wabah penyakit Covid-19 dari risiko tinggi, sedang, dan rendah.

Risiko Tinggi:

Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Banjar, Kota Cirebon, Kota Sumedang, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

Risiko Sedang:

Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bogor.

Risiko Rendah:

Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bandung.

Daftar Wilayah yang Rawan Transmisi Lokal Covid-19

Warga melakukan tes Corona Virus. (Kompas)
Warga melakukan tes Corona Virus. (Kompas)

Transmisi lokal adalah penularan setempat yang terjadi dari penderita ke orang lain dalam satu wilayah yang sama. Namun, nggak diketahui riwayat orang yang terinfeksi dari mana. Hal ini disebaban karena orang yang terinfeksi telah menjalin kontak fisik dengan banyak orang.

Berikut adalah wilayah terjangkit yang masuk dalam spesifikasi transmisi lokal.

Provinsi DKI Jakarta: Semua wilayah.

Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok.

Provinsi Jawa Tengah: Kota Surakarta, Kota Semarang.

Provinsi Jawa Timur: Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Magetan, Kota Surabaya.

Provinsi Banten: Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Provinsi Kalimantan Barat: Kota Pontianak.

Provinsi Kalimantan Selatan: Kota Banjarmasin.

Provinsi Kalimantan Timur: Kota Balikpapan.

Provinsi Sulawesi Selatan: Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kota Makassar.

Provinsi Bali: Kabupaten Buleleng.

Provinsi Sulawesi Tenggara: Kota Kendari.

Provinsi Sumatera Selatan: Kota Prabumulih.

Provinsi Sulawesi Utara: Kota Manado.

Jumlah Positif Virus Corona di Indonesia Mencapai 4.557 Kasus

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Covid-19. (Liputan6)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Covid-19. (Liputan6)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa jumlah kasus positif virus ini di Indonesia terus bertambah. Data terakhir yang dikeluarkan Senin (13/4/2020) menunjukkan adanya 4.557 kasus positif, 3.778 orang dalam perawatan, 380 orang sembuh, dan 399 orang meninggal dunia.

Apakah wilayahmu masuk dalam daftar rawan penularan transmisi lokal Covid-19? Meskipun nggak termasuk, jangan sampai lengah ya, Millens. Tetap jaga kesehatan dan rajin cuci tangan agar nggak mudah tertular!  (IDN/MG27/E07)