Semakin Dewasa Jumlah Teman Semakin Berkurang, Mengapa?

Semakin Dewasa Jumlah Teman Semakin Berkurang, Mengapa?
Ilustrasi sepasang teman. (Thinkstock)

Semakin dewasa, banyak orang yang merasa lingkaran perteman mereka semakin mengecil. Bukan berarti kamu ditinggalkan, kok. Lantas apa penyebabnya?

Inibaru.id – Semakin bertambahnya usia, sejumlah orang merasa jumlah teman mereka malah semakin berkurang. Apakah kamu mengalami hal ini? Jangan sedih, Millens. Bukan berarti kamu ditinggalkan kok bila temanmu berkurang.

Hal ini wajar terjadi, lo. Berikut alasan yang mendasari kondisi tersebut.

Kehidupan yang Dinamis

Kehidupan manusia selalu dinamis. (Shutterstock)

Kehidupan setiap manusia pasti akan berubah seiring berjalannya waktu, baik soal cara pandang, rutinitas, hingga impian yang akan dicapai. Hal itu juga berlaku pada kehidupan pertemananmu. Perubahan tersebut nggak jarang membuat kamu dan temanmu menjadi seperti orang asing.

Perubahan Prioritas

Skala prioritas akan selalu berganti. (Pixabay)

Semakin dewasa, kamu tentu memiliki skala prioritas yang lebih mendesak dibanding terus berkumpul bersama teman-teman. Kamu bisa saja fokus pada karier, melanjutkan pendidikan, dan mewujudkan cita-cita. Belum lagi kalau masing-masing darimu sudah memiliki pasangan.

Jarak dan Kesibukan

Jarak dan kesibukan dapat mengurangi waktu untuk saling bertemu. (Shutterstock)

Karier dan pendidikan dapat memungkinkanmu untuk berpindah kota. Kesibukan masing-masing orang juga berbeda-beda. Kalau kesibukanmu berbeda, sosialisasi dan waktu bertemu dengan temanmu pun akan semakin berkurang.

Meminimalisir Drama dan Konflik

Konflik dan drama sering terjadi dalam hubungan pertemanan. (Shutterstock/Africa Study)

Hubungan pertemanan tentu nggak lepas dari konflik dan drama. Namun, drama dan konflik yang terus terjadi juga dapat membuatmu sadar kalau waktu, energi, dan pikiranmu lebih baik digunakan untuk hal yang lebih prioritas. Kalau sudah begitu, menyeleksi pertemanan sah-sah saja dilakukan agar hidup lebih tenang tanpa konflik dan drama berkepanjangan.

Seleksi Alam

Teman terbaik adalah yang mampu bertahan dengan semua kelebihan dan kekuranganmu. (Dailymail)

Semakin berkurangnya teman justru akan membuatmu semakin sadar siapa teman baikmu yang sebenarnya. Mereka yang memahamimu dan tetap bertahan dengan segala kelebihan dan kekuranganmu adalah teman-teman yang sudah lolos “seleksi alam”.

Meski lingkaran pertemananmu semakin menyempit, hidup harus tetap berjalan dengan baik dong. Ingatl, kualitas pertemanan lebih penting dibandingkan kuantitas teman yang kamu miliki. Jadi, nggak perlu terlalu dipikirkan ya bila temanmu "menghilang"? (IB10/E04)