Self-love, Resep Bahagia dengan Mencintai Diri Sepenuhnya

Mencintai diri sendiri bukan hanya memancarkan kepercayaan diri, namun menerima segala sesuatu dalam diri sendiri seutuhnya. Mencintai diri sendiri merupakan salah satu resep untuk bahagia.

<em>Self-love</em>, Resep Bahagia dengan Mencintai Diri Sepenuhnya
Mencintai diri sendiri. (Pixabay/Leninscape)

Inibaru.id – Kamu sering kekurangan motivasi dan meragukan diri sendiri? Mungkin kamu kurang mencintai dirimu sendiri. Yap,  mencintai diri sendiri atau self-love merupakan keadaan menerima tubuh, pikiran, hati secara utuh serta ingin menjadi yang terbaik untuk diri sendiri.

Self-love dengan mencintai dan memperlakukan diri dengan baik mungkin terdengar egois bagi sebagian orang. Namun kenyataannya, kamu kerap abai terhadap cara-cara mencintai diri sendiri dan sibuk dengan cara untuk mencintai orang lain.

Saat kamu mampu mencintai diri sendiri, kamu akan belajar menerima kelebihan serta kekurangan yang ada dalam dirimu. Hal tersebut membuatmu bisa lebih bersyukur serta bahagia. Bukan tentang menjadi egois ataupun membandingkan diri sendiri dengan orang lain, namun self-love akan memberimu kepercayaan diri dan puas dengan segala kekurangan dan kelebihanmu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri lo. Di antaranya yakni dengan melakukan segala hal yang kamu sukai, merawat tubuh, dan menjaga asupan makanan supaya tubuh tetap sehat.

Kunci Kesehatan Mental

Hubunganmu dengan dirimu sendiri sangat berpengaruh dalam segala hal, baik persahabatan hingga percintaan. Dan pada akhirnya, self-love merupakan hubungan paling signifikan yang kamu miliki.

Menurut penelitian psikologi, mencintai diri dan kasih sayang adalah kunci kesehatan mental, menjaga depresi, dan kecemasan. Self-love sangat diperlukan oleh orang yang terlalu keras bekerja dan terus berusaha untuk melampaui kemampuan diri sendiri.

Mencintai diri sendiri akan memberikan kebahagiaan batin, kepercayaan diri, dan ketenangan pikiran. Ini penting supaya kamu nggak mudah terpengaruh atau terombang-ambing oleh opini orang tentangmu. Karena semakin kamu mencintai diri sendiri, semakin banyak manfaat yang akan kamu temui dari diri sendiri dan semua orang.

Nah sekarang tanyakan pada dirimu. Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri, Millens? (IB18/E06)