Selama Ramadan, Waktu Menonton Youtube Naik 40 Persen

Selama Ramadan, Waktu Menonton Youtube Naik 40 Persen
Ilustrasi menonton Youtube. (Tuberads)

Selama Ramadan, waktu menonton Youtube masyarakat Indonesia melonjak 40 persen. Waktu tersebut terbagi dalam tiga waktu utama dengan konten yang beragam.

Inibaru.id – Selama ramadan, masyarakat Indonesia banyak yang memanfaatkan waktunya dengan menonton konten-konten Youtube. Ini terbukti dengan waktu menonton Youtube yang melonjak 40 persen waktu Ramadan. Hal ini disampaikan Insight Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti.

Nggak hanya tahun ini, hal serupa juga terjadi pada tahun lalu.

“Waktu tonton untuk 100 channel teratas di Youtube juga naik 40 persen selama Ramadan tahun lalu,” kata Ariani seperti ditulis Kompas, Kamis (16/5/2019).

Lonjakan waktu menonton Youtube terbagi dalam tiga waktu utama. Pertama, pada waktu sahur yaitu sekitar pukul 04.00 hingga pukul 06.00. Kemudian menjelang waktu makan siang pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Terakhir, setelah salat tarawih sekitar pukul 20.00 hingga 22.00.

Sabyan Gambus menjadi salah satu yang paling dicari di Youtube selama Ramadan. (Youtube/Sabyan Gambus)

Adapun kategori di Youtube yang paling banyak dicari saat Ramadan adalah konten religi, makanan, dan kecantikan. Konten religi meliputi pembacaan Alquran, pengajaran Islam seperti ceramah pendek, hingga musik religi seperti yang dilakukan Sabyan Gambus dan Maher Zain.

Selain itu, konten makanan baik yang berhubungan atau tidak dengan Ramadan menjadi kategori kedua yang paling banyak dicari. Konten tersebut misal tutorial memasak, ragam menu makanan, hingga ulasan makanan.

Yang terakhir adalah konten kecantikan. Tips merias wajah untuk pemula, riasan wajah tahan lama, dan tutorial hijab adalah kategori yang paling dicari sepanjang Ramadan.

Menonton Youtube efektif untuk menunggu waktu berbuka. (Intouchsol)

Ketiga kategori yang paling banyak ditonton di Youtube memang menggambarkan kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran. Konten religi dapat menghadirkan suasana Islami. Nggak jarang, konten-konten ini menjadi media bagi masyarakat untuk menambah kekhusyukan beribadah.

Kategori kuliner banyak dicari sebagai referensi masakan untuk berbuka maupun sahur. Menonton konten makanan juga bisa menambah nafsu makan, lo. Ha-ha! Sementara itu, kategori kecantikan banyak diakses karena banyak masyarakat yang pengin mempersiapkan tampilan terbaiknya di hari raya nanti.

Menonton Youtube memang ampuh untuk menggali informasi dan mengisi waktu sembari menunggu berbuka. Eits, tapi jangan sampai lupa waktu dan kuota internet ya! He-he. (IB10/E04)