Selama Ramadan, Komunitas Pagi Berbagi Adakan Acara di Panti Asuhan

Selama Ramadan, Komunitas Pagi Berbagi mengadakan acara di panti asuhan. Acara itu bisa dikatakan sebagai pengganti rutinitas berbagi tiap Minggu pagi.

Selama Ramadan, Komunitas Pagi Berbagi Adakan Acara di Panti Asuhan
Dwi Titik Apriyanti perwakilan dari Pagi Berbagi Semarang menyerahkan donasi kepad pengurus Panti Asuhan Al-Barokah, Minggu (12/5/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Ramadan rupanya nggak menyurutkan niat luhur anak muda yang tergabung dalam komunitas Pagi Berbagi Semarang untuk berbagi. Alih-alih berbagi di pagi hari, mereka justru punya program khusus berbuka bersama di sejumlah panti asuhan.

Minggu (12/5/2019) sore, sekitar 40 anggota Pagi Berbagi berkumpul di Panti Asuhan al-Barokah, Semarang. Mulai dari bakda asar, mereka bercengkerama dengan penghuni panti asuhan yang terletak di daerah Bongsari, Semarang Barat itu. Banyak kegiatan yang dilakukan seperti memberikan kuis hingga donasi.

Mereka yang saat itu berkolaborasi dengan Easy English Club (EEC) Semarang memberikan kuis berupa tebak-tebakan kata bahasa Inggris. Salah satu anak panti diminta memperagakan satu kata yang dimaksud, anak yang lain berusaha menjawabnya, begitu seterusnya.

Komunitas Pagi Berbagi mengadakan acara di Panti Asuhan Al Barokah, Semarang, Minggu (12/5/2019). (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Gelak tawa kerap terdengar di sela-sela kuis. Kendati ada beberapa anak yang tampak malu-malu dan nggak aktif bersuara, dari raut wajahnya terpapar keceriaan.

“Ini kebetulan emang program rutin kami tiap puasa. Jadi, Pagi Berbagi ngadain buka bersama dengan anak-anak panti asuhan,” ujar ketua panitia Buka Bersama di Panti Asuhan Al-Barokah Dwi Titik Apriyanti.

Program ini memang berbeda dengan yang per dua minggu sekali mereka jalani yakni berbagi makanan kepada para pekerja jalanan di pagi hari. Namun, esensi kedua program ini sama yakni berbagi.

Acara berbagi di panti ini sebenarnya nggak hanya dilakukan ketika Ramadan saja. Dwi menambahkan, setiap bulan mereka juga punya acara serupa.

“Nanti per sebulan sekali itu habis ngider (membagikan nasi kepada pekerja jalanan), kami ke panti asuhan. Ya acaranya kaya buka bersama ini tapi kami ganti kaya buat gim gitu. Kami donasi juga, bisa sembako atau uang tunai. Bergantung kebutuhan pantinya,” jelas perempuan yang pernah menjadi koordinator Pagi Berbagi Semarang mulai 2015 hingga 2017 ini.

Perwakilan Komunitas Pagi Berbagi menyerahkan hadiah bagi para pemenang kuis. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Oh iya, nggak hanya di panti asuhan, Pagi Berbagi Semarang juga terkadang mengadakan acara di panti jompo. Mengenai ketentuan panti ini, Dwi mengatakan pihaknya memilih secara acak meskipun bisa juga ditentukan sesuai permintaan panti atau komunitas tertentu. Ramadan kali ini, mereka bakal mengadakan kegiatan berbagi selama tiga kali yang digelar setiap minggu.

Wah, asyik! Kalau yang lain ngabuburit mencari hidangan berbuka puasa, mereka justru ngabuburit bersama anak-anak panti asuhan. Hm, ngabuburit berfaedah nih. Semoga berkah, ya. (Ida Fitriyah/E05)