Selama Juni, Pengiriman Barang via KAI Rail Express Daop 4 Semarang Meningkat 65 Persen

Selama Juni, Pengiriman Barang via KAI Rail Express Daop 4 Semarang Meningkat 65 Persen
Pengiriman barang melalui KAI Rail Express. (PT KAI)

Setelah pada bulan sebelumnya pengiriman barang sebesar 341 ton, pada periode Juni 2020, pengiriman barang retail yang dilayani KAI Daop 4 Semarang meningkat 65 persen menjadi 561 ton.

Inibaru.id – Selain layanan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga terus meningkatkan layanan pengiriman barang melalui Rail Express. Pada periode Juni 2020, KAI Daop 4 Semarang telah melayani 561 ton barang retail, naik 65 persen dibanding Mei 2020 yang “hanya” sebesar 341 ton.

Rail Express merupakan layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk jasa angkutan retail station to station dengan harga terjangkau. Belakangan, layanan ini kian diminati masyarakat Semarang dan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan berkirim barang.

Selain terjangkau, KAI Daop 4 juga menjanjikan pelayanan yang cepat dan aman. Tiga hal itu memang menjadi keunggulan Rail Express. Pengiriman untuk rute Jakarta ke Bandung, misalnya, hanya dibanderol Rp 600 per kilogram, dengan minimal pengiriman 5 kilogram.

Pengiriman dari Semarang dipusatkan di Stasiun Tawang. Tarif dari Semarang ke Surabaya sama dengan ke Bandung, yakni Rp 800 per kilogram. Sementara, untuk rute Semarang-Jakarta, kamu cukup mengeluarkan duit Rp 850 per kilogram.

Pengiriman beras sebanyak 1,5 ton menggunakan layanan KAI Rail Express dari Semarang ke Jakarta. (PT KAI)
Pengiriman beras sebanyak 1,5 ton menggunakan layanan KAI Rail Express dari Semarang ke Jakarta. (PT KAI)

Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal. Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail, mulai dari paket, motor, produk UMKM, e-commerce, hingga bahan pangan.

Untuk wilayah Semarang, kamu cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di Stasiun Tawang dan mengambilnya di loket Rail Express tujuan. Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa.

Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Selama Juni, angkutan pangan yang dilayani dari Daop 4 Semarang sebanyak 6,7 ton, meningkat 4 persen dibanding Mei (6,4 ton).

Beberapa bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express pada Juni yaitu makanan kering, makanan olahan, rempah-rempah, dan kulit lunpia. Kiriman datang dari wilayah Cepu, Semarang, Pekalongan, dan Tegal, menuju Jakarta dan Surabaya.

Tarif layanan pengiriman barang KAI Rail Express. (PT KAI)
Tarif layanan pengiriman barang KAI Rail Express. (PT KAI)

Oya, mengirimkan barang melalui Rail Express, kamu nggak perlu khawatir lantaran KAI senantiasa menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Pada loket pelayanan Rail Express, KAI menerapkan social distancing dan menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Selain itu, petugas juga wajib menggunakan masker dan rutin diperiksa kesehatannya. Kemudian, petugas tetap melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.

Wah, semoga Rail Express bisa membantu urusan pengiriman logistik masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru ini dengan layanan yang murah, cepat, dan aman, ya, Millens! (IB04/E03)