Selain Nadiem Makarim, Berikut Menteri Berusia Muda di Sejumlah Negara

Selain Nadiem Makarim, Berikut Menteri Berusia Muda di Sejumlah Negara
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2019-2024, Nadiem Makarim. (Kompas/ Kristianto Purnomo)

Usai Kabinet Indonesia Maju diumumkan, Nadiem Makarim resmi menjadi menteri termuda dalam kabinet tersebut. Selain Nadiem, sejumlah negara juga memiliki menteri muda. Siapa saja ya?

Inibaru.id –Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kemudian melantik para menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10/2019). Dari 34 jajaran kabinet yang dilantik di Istana Merdeka, Nadiem Makarim menjadi menteri termuda dalam kabinet ini.

Nadiem dipercaya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode 2019-2024. Penunjukan menteri dari kalangan milenial ini sudah lazim dilakukan di sejumlah negara. Selain mantan CEO Gojek itu, sejumlah menteri dari berbagai negara ini juga memiliki usia muda.

Nadiem Makarim

Dinobatkan sebagai menteri paling muda dalam kabinet baru Jokowi-Ma’ruf Amin, Nadiem Makarim punya latar pendidikan yang cukup mentereng. Dia sempat menimba ilmu di United World College of Southeast Asia (UWC SEA) Singapura. Dia kemudian menyelesaikan pendidikan sarjana Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Pendiri Gojek itu lantas melanjutkan pendidikan di Harvard University dengan jurusan Master of Bussines Administration.

Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem bertanggung jawab penuh untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia dan membuat terobosan yang signifikan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dia juga diminta menyiapkan SDM siap kerja, siap usaha yang link and match antara pendidikan dan industri.

Syed Saddiq

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga asal Malaysia. Syed yang merupakan seorang politikus, juara debat, dan aktivis muda ini berhasil memenangkan Aliansi Pakatan Harapan dan mengalahkan Barisan Nasional yang sudah lebih dari 60 tahun berkuasa di Malaysia. Lelaki kelahiran 6 Desember 1992 ini dinobatkan sebagai menteri kabinet termuda di Asia lo, Millens.

Shamma binti Suhail Faris Al Mazrui

Shamma binti Suhail Faris Al Mazrui merupakan politikus yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pemuda Uni Emirat Arab. Menteri yang dinobatkan sebagai menteri termuda di dunia ini merupakan Sarjana Ekonomi lulusan New York University di Abu Dhabi. Lelaki kelahiran 1994 ini juga tercatat sebagai penerima beasiswa Rhodes pertama asal Uni Emirat Arab dan lulus dengan gelar Magister Kebijakan Publik dari Universitas Oxford pada 2015.

Mohammad bin Salman

Pada 23 Januari 2015, Raja Salman menunjuk anaknya Mohammad bin Salman yang berumur 30 tahun saat itu sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi. Kini, Mohammad bin Salman menjadi Putra Mahkota Arab Saudi dan dinobatkan sebagai anggota termuda di kabinet pemerintahan ayahnya.

Mohammad bin Salman memegang gelar sarjana hukum dari Universitas Raja Saud di Riyadh. Dia juga aktif dalam kegiatan sosial seperti mendirikan Yayasan Amal Mohammad bin Salman bin Abdulaziz, mendukung kaum muda, dan aspirasi karir dalam kegiatan amal dan inisiatif sosial.

Yeo Bee Yin

Yeo Bee Yin dinobatkan sebagai Menteri Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia saat dirinya berusia 35 tahun. Yeo sangat ingin mengubah Malaysia menjadi pusat pembiayaan untuk semua proyek hijau di Asia Tenggara.

Yeo yang merupakan pakar di bidang kimia itu ingin mempromosikan kompetisi baru, efisiensi energi, dan dekarbonisasi. Dia meningkatkan target pembaharuan energi Malaysia menjadi 20 persen pada 2025 (nggak termasuk pembangkit listrik tenaga air besar). Selain itu, dia juga berencana untuk membuka pasar listrik ritel dalam kompetisi dan memungkinkan pemain lokal untuk mengekspor ke negara lain seperti ditulis Tempo (15/8).

Semoga semangat para menteri muda selalu membara memajukan negaranya masing-masing, ya, Millens. Menteri muda mana nih yang paling jadi favoritmu? (IB24/E04)