Selain Bermanfaat Bagi Rambut, Beberapa Hal Tentang Urang-Aring Ini Wajib Kamu Ketahui

Selain Bermanfaat Bagi Rambut, Beberapa Hal Tentang Urang-Aring Ini Wajib Kamu Ketahui
Jenis urang-aring berbunga putih. (pertanian.com)

Ketahui lebih banyak manfaat urang-aring dan hal-hal lain yang melingkupinya yuk!

Inibaru.id - Meskipun tergolong jenis gulma, urang-aring sering digunakan untuk produk perawatan rambut. Tumbuhan yang masih satu famili dengan bunga matahari yaitu Asteraceae, ini umumnya dapat ditemui di lahan perswahan yang ditanami padi.

Mau tahu lebih lanjut mengenai urang-aring ini? Yuk, mari simak saja.

Habitat di Daerah Tropis

Urang-aring tumbuh liar di daerah-daerah yang punya drainase buruk atau basah. Biasanya di sungai-sungai atau rawa-rawa, bahkan di daerah dataran tinggi dengan curah hujan sekitar 1.200 mm. Namun urang-aring tergolong tanaman adaptif karena mampu tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

Ada 4 Varietas

Varietas urang-aring antara lain seperti merah, kuning, biru dan putih. Namun yang sering dipakai adalah urang-aring berwarna putih yakni Eclipta alba atau Eclipta prostate putih. Selain itu perbedaan terdapat di ukuran dan bentuk daunnya.

Sudah Banyak Dimanfaatkan di Berbagai Negara

Urang-aring cukup moncer di Asia Timur. India menggunakannya untuk pengobatan Ayurveda sementara Gabon sudah membudidayakannya untuk tanaman pot.

Manfaat Lain

Tanaman ini memiliki sifat antibakteri, sehingga ekstraknya bisa membersihkan infeksi saluran pernapasan. Daunnya juga berguna untuk antioksidan bagi kesehatan mata karena mengandung karoten. Studi menunjukan kalau urang-aring bis menambah kekebalan tubuh karena meningkatkan markofag dan aktivitas sel darah putih.

Banyak Produk Urang-Uring

Penelitian yang terbit dalam International Journal of Advance Research (2014) menyatakan, urang-aring punya banyak khasiat, salah satunya yang paling menonjol adalah perannya yang bisa lebih cepat menumbuhkan rambut dibandingkan minoxidil. Itulah mengapa banyak produk penyubur rambut yang berasal dari daun urang-aring. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengurangi ketombe dan menghitamkannya.

Eits, di balik itu semua, ada kemungkinan juga kalau urang-aring ini bisa menyebabkan alergi. Jadi meski manfaatnya besar bagi rambut, perlu hati-hati juga ya, Millens! (IB28/E05)