Selain Batavia, Kota-kota Indonesia Ini Juga Punya Nama Belanda di Era Penjajahan

Selain Batavia, Kota-kota Indonesia Ini Juga Punya Nama Belanda di Era Penjajahan
Nggak hanya Batavia, ternyata ada kota-kota lain di Indonesia di masa penjajahan Belanda yang berganti nama. Apa saja ya kota-kota tersebut? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kalau membahas soal nama kota di Indonesia yang sangat khas Belanda, yang terpikir tentu saja adalah Batavia. Nah, ternyata, selain Batavia yang kini dikenal sebagai Jakarta, ada kota-kota lain di Indonesia yang juga diberi nama Belanda, lo. Apa saja ya kota-kota tersebut?

Inibaru.id - Kalau membahas soal nama kota di Indonesia yang diberi nama khas Belanda di masa penjajahan, yang terpikir tentu adalah Jakarta yang dulu dikenal dengan Batavia. Hanya, banyak orang yang nggak tahu kalau kota-kota lain di Indonesia juga diberi nama khas Belanda, lo.

Era kolonial nggak hanya tentang monopoli rempah-rempah atau sejumlah peperangan. Terdapat banyak perubahan di berbagai kota atau wilayah di Indonesia, termasuk dalam hal penamaan tempat atau jalan. Nah, berikut adalah sejumlah nama kota di Indonesia yang dulu juga diberi nama khusus saat era penjajahan Belanda.

Kota-kota Diberi Nama Belanda di Sumatera

Bukittinggi sempat dikenal dengan nama Fort de Kock. (pesona-minangkabau.blogspot)
Bukittinggi sempat dikenal dengan nama Fort de Kock. (pesona-minangkabau.blogspot)

Kita awali dari Sumatera dulu, ya Millens. Ternyata, ada banyak kota besar di pulau ini yang diubah namanya menjadi sangat khas Belanda. Sebagai contoh, Banda Aceh ternyata sempat diganti namanya jadi Koetaradjsaat, lo. Sementara itu, masih di Aceh, Tanah Gayo lebih dikenal dengan nama Daelen Gebregte.

Kota-kota di Sumatera Barat cukup banyak yang berganti nama dengan nama Belanda. Sebagai contoh, Fort de Kock dijadikan sebutan untuk Bukittinggi, Fort van der Capellen untuk Batusangkar, Fort van Bosch untuk Pagaruyung, serta Emmahaven untuk Teluk Bayur.

Kota lain di Sumatera yang diganti namanya menjadi khas Belanda adalah Arnhemia untuk Pancur Batu di Sumatera Utara, Oosthaven untuk Bandar Lampung, dan Bancoolen untuk Bengkulu.

Kota-kota Diberi Nama Belanda di Jawa

Jakarta dulu dikenal dengan nama Batavia di masa penjajahan Belanda. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Jakarta dulu dikenal dengan nama Batavia di masa penjajahan Belanda. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Tahu nggak kalau Merak, Banten dulu di zaman Belanda disebut sebagai Sint-Nicolaas Punt? Bergeser ke sisi selatan, Ujung Kulon disebut sebagai Jawa's Eerste Punt. Selain itu, Bogor dikenal dengan sebutan Buitenzorg dan Ambarawa disebut sebagai Fort Willem I.

Nah, kalau kota-kota seperti Bandung, Yogyakarta, dan Semarang, namanya masih mirip, Millens, yakni Bandoeng, Samarang, serta Djokjakarta.

Wilayah Lain yang Diberi Nama Khas Belanda

Carstensz Pyramid. (Travelingizzy/Cecep Lutfianto)
Carstensz Pyramid. (Travelingizzy/Cecep Lutfianto)

Di era kolonial, Puncak Jaya di Papua dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid. Sementara Puncak Trikora dikenal dengan nama Wilhelmina Top.

Kalau kota tempat kamu tinggal, apakah dulu juga sempat memiliki nama khas Belanda di era penjajahan, Millens? (Goo/IB28/E07)