Sejumlah Negara Bakal Larang Kendaraan Berbahan Bakar Fosil

Sejumlah Negara Bakal Larang Kendaraan Berbahan Bakar Fosil
Ilustrasi - Sejumlah negara larang penggunaan mobil berbahan bakar fosil. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Demi mengatasi perubahan iklim dan membuka lapangan kerja, sejumlah negara hendak melarang penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil. Hmm, upaya yang menakjubkan ya.

Inibaru.id - Sejumlah produsen otomotif barangkali harus memutar otak untuk menghadapi tantangan barunya. Sebab sejumlah negara berencana melarang penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan diesel.

Negara mana sajakah yang melarangnya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah negara-negara tersebut:

Amerika Serikat (AS)

Amerika Serikat jadi salah satu negara yang akan melarang penjualan mobil dan light truck berbahan bakar bensin mulai 2035. Namun, tampaknya hal itu nggak berlaku di semua bagian AS.

Menurut The Verge, hingga saat ini baru California yang sudah mengeluarkan pernyataan. Langkah ini diambil sebagai upaya mengakhiri penggunaan mesin pembakaran internal berbahan bakar fosil.

Inggris

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, juga berkata akan melarang kendaraan berbahan bakar bensin atau solar. Kata  BBC, Inggris berencana melarang penjualan mobil dan van atau mobil ukuran besar berbahan bakar bensin serta diesel di Inggris mulai 2030.

Kendati begitu, Johnson menyebutkan mobil dengan tenaga hybrid masih akan diizinkan. Wacana  sebagai bentuk revolusi industri hijau untuk mengatasi perubahan iklim dan menciptakan lapangan kerja di industri otomotif.

Ilustrasi - Penghentian bahan bakar fosil ini merupakan upaya dari menjaga Bumi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Ilustrasi - Penghentian bahan bakar fosil ini merupakan upaya dari menjaga Bumi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Prancis

Prancis sudah punya target bebas emisi karbon pada 2050. Maka, mulai 2040 Prancis akan menghentikan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Meski meralarang, Pemerintah Prancis akan memberikan solusi bagi produsen mobil apabila nantinya kendaraan berbahan fosil dibatasi.

Selain rencana, dari segi investasi juga akan digelontorkan untuk mendukung pengurangan kendaraan bermesin konvensional. Dari data International Council on Clean Transportation,  negara di Eropa lain yang juga telah mengumumkan komitmen yang sama. Antara lain Belanda, Denmark, Islandia.

Khusus Skotlandia, sudah memasang target di 2032. Bahkan Norwegia lebih agresif, negara itu langsung memberi target lebih dini yakni pada tahun 2025.

Negara-negara Asia

Ternyata nggak negara Eropa dan Amerika saja. Asia juga berpartisipasi dalam wacana pelarangan mobil berbahan bakar fosil. China adalah salah satu negara di Asia yang sudah mencanangkan penolakan.

Kemudian bedasar data dari The Climate Center, kira-kira ada 6 negara di Asia yang mengumumkan target peralihan ke mobil listrik. Antara lain seperti India, Taiwan, dan Korea Selatan. Terbaru Singapura berniat mengharamkan mobil diesel dan bensin pada 2040.

Apakah Indonesia juga akan menyusul, Millens? (IB28/E05)