Sejumlah Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan Usai Melakukan Donor Darah

Donor darah nggak cuma bermanfaat buat orang lain tapi juga diri sendiri. Nggak percaya? Yuk simak pembahasan berikut!

Sejumlah Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan Usai Melakukan Donor Darah
Donor darah. (BBC Magazine)

Inibaru.id - Donor darah merupakan salah satu kegiatan mulia yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang lain. Sebab saban harinya setidaknya ada seumlah kantong darah yang dibutuhkan.

Nggak hanya bermanfaat bagi orang lain, donor darah juga bermanfaat bagi diri sendiri, lo. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh setelah melakukan donor darah.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Donor darah punya manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang disiarkan oleh American Journal of Epidemiology, sekitar 88 persen dari pendonor cenderung terjaga dari serangan jantung dan sekitar 33 persen terlindung dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Kesempatan Cek Kesehatan

Donor darah juga bisa menjadi kesempatan buat kamu untuk memeriksa kesehatan. Pasalnya sebelum melakukan donor darah diperlukan adanya tes kesehatan terlebih dahulu.

Nah, saat pengecekan itu kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kamu setelah dilakukan pemeriksaan pada hemoglobin, detak jantung, dan tekanan darah.

Membakar Kalori

Sekali donor darah akan menyedot hingga 650 kalori pada tubuh seseorang. Karena itu, donor darah juga salah satu sarana untuk membakar kalori.

Membuang Kelebihan Zat Besi

Donor darah juga mengambil sekitar 225 hingga 250 zat dari tubuh. Otomatis dengan adanya itu kamu sekaligus bisa mengurangi kelebihan zat besi.

Selain itu, menurut penelitian yang dimuat pada Journal of American Medical Association, seseorang yang melakukan donor darah secara rutin cenderung memiliki risiko stroke dan serangan jantung lebih rendah. Jadi makin tambah yakin untuk donor darah bukan dengan adanya data tersebut? (IB28/E05)