Sejumlah Jajanan Paling Laris saat Lebaran, Kamu Paling Suka Apa?

Sejumlah Jajanan Paling Laris saat Lebaran, Kamu Paling Suka Apa?
Bakso, salah satu jajanan paling laris saat Lebaran. (Inibaru.id/Rafida Azzundhani)

Ada banyak sekali jajanan khas Idulfitri. Kira-kira, apa ya jajanan paling laris saat Lebaran? Berikut adalah daftar lengkapnya?

Inibaru.id – Bukan Lebaran namanya kalau nggak ada jajanan. Meski nggak wajib, jajanan pasti melimpah di ruang tamu di hampir semua rumah yang kamu singgahi saat Idulfitri. Kira-kira kamu bisa menebak nggak apa saja jajanan paling laris saat Lebaran?

1.       Nastar

Nastar, jajanan paling dicari saat Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Nastar, jajanan paling dicari saat Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nastar adalah jajanan yang sangat identik dengan Lebaran. Menariknya kue ini dulu sebenarnya lebih lekat dengan perayaan lain seperti Natal, tahun baru, hingga perayaan Imlek. Lama kelamaan, masyarakat Indonesia mengadopsinya jadi kue yang juga disajikan saat Idulfitri.

Jadi gini, Millens, nastar berasal dari kombinasi kata-kata Bahasa Belanda “ananas” dan “tart”. Artinya tentu saja kue yang ada nanasnya. Rasanya dari zaman dulu juga nggak banyak berubah hingga sekarang.

Rasa kue nastar legit dan renyah. Pokoknya, siapa saja bakal ketagihan deh kalau memakannya. Alhasil, kue ini biasanya jadi yang paling cepat habis saat Lebaran.

2.       Kacang Bawang

Kacang bawang. (Piknikdong)
Kacang bawang. (Piknikdong)

Selain nastar, biasanya ada satu camilan lain yang pasti kita cari-cari saat Lebaran, yakni kacang bawang. Banyak orang yang bahkan mengaku bakal tetap terus mengunyahnya meski rahang sudah terasa pegal. Apalagi saat kita memakannya, sambil mengobrol dengan keluarga atau teman-teman dekat.

Kacang bawang bisa didapatkan di mana-mana. Hanya, sejumlah orang memilih untuk memasaknya sendiri agar bisa mendapatkan kacang lebih banyak. Haha.

3.       Bakso dan Mi Ayam

Mi ayam juga sering dicari saat Lebaran. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)
Mi ayam juga sering dicari saat Lebaran. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Kalau dua jajanan ini nggak kamu temukan di ruang tamu, melainkan di warung-warung. Realitanya, banyak orang yang langsung mencari bakso atau mi ayam di hari pertama atau kedua Lebaran. Alasannya ada banyak sih.

Bisa jadi mereka sudah bosan dengan makanan khas Lebaran seperti ketupat atau opor ayam yang kaya santan. Selain itu, bisa jadi mereka juga sudah kangen dengan bakso atau mi ayam mengingat selama bulan puasa, mereka nggak bisa leluasa membelinya, khususnya di siang hari.

4.       Es Krim

Es krim juga banyak diburu saat Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Es krim juga banyak diburu saat Lebaran. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ngaku deh, pasti banyak dari kamu yang langsung ingin membeli es krim saat Lebaran pertama. Alasannya, kamu pengin banget merasakan yang segar-segar di siang hari. Sekitar sebulan sebelumnya kamu nggak bisa melakukannya karena berpuasa, bukan?

Selain es krim, minuman-minuman dingin seperti sirop, minuman botolan di mini market, atau sekadar es teh yang bisa kamu temukan di warung-warung biasanya juga bakal laris manis. Bagaimana nggak, rasanya pasti bakal terasa segar kalau diminum siang-siang, kan?

5.       Kupat Tahu

Kupat tahu. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)
Kupat tahu. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Ada banyak sekali varian kupat tahu dan sejenisnya di Indonesia. Sebagai contoh, di sebagian wilayah Jawa, ada masakan yang mirip bernama tahu campur. Satu hal yang pasti, rasanya sangat nikmat dan banyak dicari saat Lebaran.

Dari semua jajanan paling laris saat Lebaran di atas, mana yang paling kamu pengin cicipi, nih, Millens? (Ros/IB09/E05)