Sejumlah 575 Anggota DPR RI 2019-2024 Dilantik Hari Ini

Sejumlah 575 Anggota DPR RI 2019-2024 Dilantik Hari Ini
Anggota DPR yang akan dilantik hari ini. (Beritalima)

Anggota DPR RI periode 2019-2024 dilantik hari ini. Banyak nama-nama lawas yang masih menghiasi parlemen.

Inibaru.id – Selasa (1/10/2019), sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta. Para anggota dewan ini terpilih lewat Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang dilangsungkan pada April 2019 lalu.

Acara pelantikan anggota dewan dijadwalkan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Dalam acara ini, para anggota dewan akan diambil sumpahnya untuk menjalankan berbagai tugas untuk lima tahun ke depan.

Terdapat beberapa nama anggota dewan yang sudah lama malang-melintang di dunia legislatif Indonesia seperti Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, Fadli Zon dari Partai Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari Partai Keadilan Sejahtera. Beberapa wajah baru juga menghiasi parlemen seperti Hillary Lasut dari Partai Nasdem.

Sebelum ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memastikan nama-nama anggota DPR yang terpilih pada 31 Agustus 2019 lalu. Pengumuman ini dibacakan langsung Ketua KPU Arief Budiman. Namun, setelah pengumuma tersebut terdapat beberapa pergantian anggota dewan seperti yang terjadi di Partai Gerindra. Selebritis Mulan Jameela dipastikan masuk ke parlemen menggantikan Ervin Luthfi di Dapil Jawa Barat XI.

Khusus dari 10 Dapil yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah, 76 orang masuk ke dalam parlemen. Beberapa nama yang dikenal masyarakat Jateng adalah Sigit Ibnugroho Sarasprono dari Partai Gerindra, Juliari Batubara dari PDI-P, A.S. Sukawijaya alias Yoyok Sukawi yang dikenal lekat dengan PSIS Semarang dari Partai Demokrat, Nusron Waid dari Partai Golkar, dan Puan Maharani yang sebelumnya menjabat sebagai Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Ada pula sejumlah wajah baru dari Jawa Tengah yang namanya langsung meroket berkat perolehan suara yang banyak. Beberapa di antaranya adalah Lestarie Moerdijat dengan 162.996 suara, Gilang Dhielafararez dengan 138. 341 suara, dan Mochamad Herviano yang merebut 113.009 suara.

Semoga anggota dewan yang baru mampu menjalankan tugasnya dengan jauh lebih baik, amanah, dan selalu mengutamakan kemaslahatan rakyat ya, Millens. (IB09/E04)