Sejarah dan Manfaat Minyak Tawon yang Kini Diburu di Luar Negeri

Sejarah dan Manfaat Minyak Tawon yang Kini Diburu di Luar Negeri
Minyak tawon cocok buat beragam jenis penyakit. (Blibli.com)

Kamu penasaran dengan sejarah dan manfaat minyak tawon nggak, Millens? Minyak tawon ini sudah ada di Indonesia selama lebih dari 100 tahun. Bahkan, kini minyak ini juga diburu di luar negeri.

Inibaru.id - Minyak tawon adalah salah satu minyak gosok yang hampir selalu bisa ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Hanya, kamu tahu nggak kalau sejarah dan manfaat minyak tawon itu sangat unik? Yuk, simak seperti apa sih kisahnya!

Percaya nggak kalau minyak tawon sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu? Semua berawal pada 6 Januari 1912. Saat itu, seorang Tionghoa bernama Lie A Liat yang tinggal di Makassar terpikir untuk menjual minyak gosok buatannya. Dia melakukannya karena banyak orang dari Portugis, Tiongkok, India, Jepang, serta Belanda mampir ke rumahnya untuk melepas lelah usai berdagang. Orang-orang yang singgah itulah yang dulu jadi pelanggannya.

Hanya, saat itu minyak ini nggak dikenal dengan sebutan minyak tawon, melainkan To Boo Loeng. 

Hingga 1942, minyak ini laris di pasaran. Banyaknya pedagang yang mampir di Makassar dan singgah ke kota-kota lainnya membuat minyak To Boo Loeng pun semakin terkenal seantero Indonesia.

Barulah pada 1984, merek minyak gosok ini berubah jadi minyak gosok cap tawon, sesuai dengan nama perusahaan yang memproduksinya, PT Tawon Jaya Nusantara. Nah, pengelola perusahaan ini ternyata adalah generasi ketiga dari Lie A Liat, Eddy Matually. Dia meneruskan bisnis ini dari sang ayah, Frans Beni Matually.

Diciptakan oleh orang Tionghoa. (SehatQ)<br>
Diciptakan oleh orang Tionghoa. (SehatQ)

Setiap bulannya, setidaknya 300 ribu botol minyak tawon diproduksi. Ramuan minyak ini sama sekali nggak berubah sedikit pun sejak kali pertama diperkenalkan oleh Lie A Liat.

"Racikan awalnya tetap dipertahankan hingga sekarang," kata Eddy Mattualy, Direktur Utama PT Tawon Jaya Makassar.

Manfaat Minyak Tawon

Soal nama, nggak ada filosofi khusus mengapa namanya adalah minyak tawon. Nama minyak gosok ini hanya menyesuaikan dengan perusahaan yang memproduksinya. Beda lagi kalau soal manfaat, minyak tawon nggak hanya cocok untuk dipakai saat memijat. Kabarnya, minyak ini ampuh menghilangkan pegal-pegal, keseleo, dan capek.

Selain itu, minyak tawon bisa dipakai untuk mengobati gigitan nyamuk serta peradangan pada kulit. Bahkan, ada yang memakainya saat mengalami luka atau lecet. Hanya, pastikan tidak melakukannya pada luka yang cukup dalam karena minyak tawon adalah obat luar, ya, Millens?

Cocok buat pijat dan bekhasiat buat banyak penyakit. (Freepik)<br>
Cocok buat pijat dan bekhasiat buat banyak penyakit. (Freepik)

Minyak Tawon Diburu di Luar Negeri

Dengan racikan ramuan rempah-rempah seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang, minyak tawon yang memiliki aroma dan kehangatan yang khas ini ternyata sangat digemari oleh banyak orang dari berbagai negara.

Awalnya minyak tawon hanya dipasarkan ke dalam negeri saja. Namun, lambat laun penjualannya merambah ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Filipina, Brunei Darussalam, dan Australia.

Bahkan sejak 2009 lalu, warga Inggris dan Belanda juga sudah bisa membeli minyak tawon. Di sana, minyak gosok ini dianggap bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan sehingga laris-manis di pasaran.

Jadi, sudah tahu kan sejarah dan manfaat minyak tawon. Omong-omong, kamu suka memakainya nggak sih, Millens? (Goo/IB28/E07)