Sehat dan Bermanfaat, Makanan ini Cocok Dikonsumsi Saat Haid

Sehat dan Bermanfaat, Makanan ini Cocok Dikonsumsi Saat Haid
Ilustrasi haid. (erabaru.net)

Saat haid, perempuan biasanya ingin ngemil makanan yang manis-manis. Tentu hal ini nggak baik jika sering dilakukan. Lantas, makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi saat menstruasi? Simak, yuk.

s

Inibaru.id - Datangnya menstruasi akan berdampak pada tidak stabilnya hormon perempuan. Hal ini membuat kebutuhan gizinya pun ikut berubah. Demi mencegah datangnya masalah kesehatan, kaum hawa harus lebih cermat dalam memilih makanan.

Lantas, seperti apa makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebelum, saat, dan sesudah menstruasi? Berikut adalah makanan-makanan tersebut. 

Camilan Sehat

Ilustrasi camilan sehat. (wiratech)
Ilustrasi camilan sehat. (wiratech)

Camilan merupakan salah satu hal yang paling sering dicari saat haid. Hanya, kita harus lebih cermat dalam memilih camilan yang sehat. Alih-alih makan martabak, gorengan atau kue, gantilah dengan camilan sehat rendah kalori seperti yoghurt, buah segar, selai kacang, dan sebagainya.

Makanan Tinggi Zat Besi

Ilustrasi makanan zat besi. (iStock)
Ilustrasi makanan zat besi. (iStock)

Darah kotor yang keluar saat menstruasi ternyata bisa memicu datangnya anemia, lo, Millens. Untuk mengatasinya, pastikan untuk memenuhi asupan zat besi saat haid. Kita bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan-makanan seperti daging, sayuran, ikan, dan sereal gandum.

Jamu atau Makanan yang Kaya Rempah

Ilustrasi jamu. (hellosehat)
Ilustrasi jamu. (hellosehat)

Mengonsumsi rempah-rempah tradisional Indonesia seperti kunyit dan jahe ternyata bisa meredakan nyeri PMS lo, Millens. Rempah-rempah ini mudah untuk didapatkan dan bisa kita olah sendiri di rumah.

Sebagai contoh, kita bisa memakai satu buah kunyit yang dicuci bersih dan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelahnya, campurkan sedikit air dan peras. Air perasan kunyit yang segar ini bisa segera kita minum. Mudah, kan?

Makanan Berserat

Ilustrasi makanan berserat. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan berserat. (Shutterstock)

Makanan berserat seperti gandum, buah, dan sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita yang sedang haid. Hal ini disebabkan oleh pencernaan yang ikut bermasalah saat menstruasi. Mencukupi asupan serat bisa membantu mencegah datangnya sembelit atau kembung.

Jangan Makan Makanan yang Terlalu Asin

Ilustrasi keripik. (cdn1.productnation)
Ilustrasi keripik. (cdn1.productnation)

Makanan yang asin dan gurih tentu sangat menggiurkan untuk dikonsumsi saat sedang haid. Padahal, kandungan natriumnya yang tinggi bisa membuat perut kembung. Hal ini tentu akan membuat fase menstruasi menjadi semakin nggak nyaman.

Ada baiknya kita menghindari dulu makanan asin dan gurih demi membuat kondisi tubuh tetap nyaman saat haid.

Millens punya makanan favorit yang dikonsumsi saat haid nggak, nih?(IB24/E07)