Sekelumit Cerita Pelaku Tantangan Olahraga

Pelbagai cara dilakukan untuk memotivasi seseorang agar semangat berolahraga. Salah satunya yakni dengan mengikuti tantangan-tantangan semacam ini.

Sekelumit Cerita Pelaku Tantangan Olahraga
Program challenge dengan berolahraga rutin. (Fitday.com)

Inibaru.id – Kaum millenials rupanya suka menjalani pelbagai tantangan (challenge). Ini terbukti dari banyaknya tantangan yang ngetren seperti Kiki Challenge, Momo Challenge, dan Delle Ali Challenge. Tantangan ini pun diikuti banyak orang bahkan artis-artis ternama sekalipun.

Nggak cuma tantangan untuk kesenangan semata, tantangan untuk tujuan tertentu seperti salah satunya demi kesehatan pun ada. Sebut saja tantangan olahraga selama 30 hari dan tantangan meratakan perut buncit yang saat ini dijajal sebagian orang.

Ifati Nur Hidayah adalah salah seorang di antara pelaku tantangan olahraga itu. Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang itu melakoni tantangan diet 30 hari. Selain untuk diet, dia juga punya tujuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, Ifati mengatakan bila dirinya harus menjaga pola makan. Namun, tantangan ini bukanlah tantangan diet yang ekstrem seperti nggak boleh makan nasi dan sebagainya.

“Aku menerapkan pola hidup sehat terutama dalam hal makan. Kalau pagi oatmeal sama teh hijau gitu, terus siangnya makan nasi. Porsinya biasa aja kok, nggak dikit banget. Nah, sorenya aku makan nasi sama sayur aja,“ terang Ifati.

Selain menjaga pola makan, Ifati juga mesti berolahraga setiap hari untuk mencapai targetnya.

"Aku biasanya workout. Nggak harus lama, yang penting kontinu,” imbuhnya.

Selain Ifati, youtubers perempuan Dinda Shafa Yana juga kerap mengunggah ceritanya melakukan tantangan diet atau tantangan meratakan perut. Melalui kanal Youtube Dinda Shafay, dia membagikan sejumlah tips bagi para penonton setianya yang pengin menurunkan berat badan.

"Dulu aku kalau makan ayam itu ayamnya harus empat. Pokoknya rakus gitu. Jadinya aku diet," ujar Dinda.

Nah, tentang langkah diet, Dinda punya beberapa tips, Millens.

"Pertama, kamu harus komitmen. Ini yang paling penting. Terus, step dua adalah kamu harus punya target berat badan. Tentukan dulu berat badan idealmu, habis itu tentukan per hari bobotmu harus berapa," jelasnya.

Dia juga merekomendasikan salah satu tantangan olahraga yang digagas warga Amerika Serikat. Dalam tantangan itu, seseorang mesti melakukan sejumlah gerakan dalam 30 hari. Namun, karena program yang diambil Dinda hanya tujuh hari, maka dia mengambil hal-hal yang penting saja.

"Jadi, ini tantangannya 30 hari buat bentuk otot dan perut yang rata tapi kamu bisa ambil tujuh hari aja," imbuh Dinda.

Diet yang dijalani Dinda ini pun berhasil. Dalam tujuh hari, Dinda bisa menurunkan berat badannya sebanyak 7 kilogram. Hm, lumayan juga ya, Millens.

Gimana nih, tertarik ikut tantangan-tantangan seperti itu? (Muhammad Adiatma/E04)