Segini Uang yang Dihabiskan Milenial Semarang Buat Beli Bunga di Hari Valentine
Seorang penjual bunga sedang menata bunga. (Inibaru.id/ Issahani)

Segini Uang yang Dihabiskan Milenial Semarang Buat Beli Bunga di Hari Valentine

Milenial Semarang jelas nggak mau momen valentine terlewat begitu saja tanpa kejutan berupa bunga. Lalu biasanya berapa bujet yang disiapkan mereka buat mempersembahkan seikat bunga sebagai tanda cinta?

Inibaru.id - Moment 14 Februari adalah hari paling dinanti para pedagang bunga. Perayaan Valentine's Day membuat kembang menjadi barang paling diburu selain cokelat. Meskipun dijual lebih mahal dari hari biasa, nyatanya bunga-bunga itu tetap ludes bak gorengan di musim hujan.

Afri, pemilik Manggar Floris, salah satu kios bunga di Pasar Kembang Kalisari Semarang. Dia mengaku nggak mau melewatkan momentum itu. Biat kesegaran bunga tetap terjaga, dia mendatangkan pasokan bunga dari Malang mendekati hari H. Bunga-bunga itu terdiri dari mawar, krisan, lili, dan lainnya. Namanya juga Valentine, tetap mawar merah primadonanya.

"Meskipun ada mawar putih, ungu, kuning, pink tapi tetep saya nyetok paling banyak mawar merahnya," ungkap pria yang mengidolakan Via Vallen ini, Minggu (9/2).

Selain mawar, krisan juga diminati di Hari Valentine. (Inibaru.id/ Issahani)
Selain mawar, krisan juga diminati di Hari Valentine. (Inibaru.id/ Issahani)

Terus berapa sih bujet milenial sekarang buat belanja bunga di hari valentine? Afri memberi jawaban yang membuat saya cukup mikir. Royal, katanya. Rata-rata mereka dengan enteng membeli satu rangkai buket tangan berisi sekitar sepuluh tangkai mawar dan bunga-bunga pelengkap lainnya seharga Rp 150 ribu.

"Anak SMA, anak kuliahan terus yang udah kerja, seneng yang dirangkai buket. Karena kan lebih menarik dan kelihatan elegan. Dan pas ditenteng juga kelihatan pantes. Jadi pasti cewe yang terima juga seneng," tambahnya lagi.

Biasanya mereka beli sebelum berangkat sekolah atau pas malem hari dalam perjalanan apel ke rumah pacar. Wah wah... Sepertinya mereka sengaja menyisihkan uang jajan jauh-jauh hari buat belikan bunga pacarnya ya? Effort yang luar biasa!

Setangkai mawar bisa jadi hadiah Valentine yang  hemat. (Inibaru.id/ Issahani)
Setangkai mawar bisa jadi hadiah Valentine yang  hemat. (Inibaru.id/ Issahani)

Afri mengatakan, di hari biasa setangkai bunga mawar dijual Rp5 ribu. Namun ketika Hari Valentine bunga-bunga mawar itu akan dijual dua kali lipatnya. Buat kamu yang mau hemat, setangkai mawar mungkin bisa jadi pilihan.

Buat para cewek yang bingung cara merawat bunga mawar setelah dapat dari sang kekasih, Afri kasih sedikit tips. Yaitu agar bunga ditaruh di vas berisi air yang telah dicampur cairan pemutih pakaian. Atau kalau nggak ada, bisa gunakan garam.

Dua bahan itu akan memperlambat pertumbuhan lumut yang menyebabkan tangkai busuk atau layu. Dengan cairan itu, bunga mawar di vas yang biasanya hanya berumur dua hari dapat terjaga kesegarannya hingga seminggu. Hm, mau mawar seharga berapa pun yang diawetkan, semoga seawet cintamu ya Millens(Issahani/E05)

Geliat Bisnis Kala Valentine di Semarang, Semanis Apa?
Geliat Bisnis Kala Valentine di Semarang, Semanis Apa?

Valentine bukan perayaan yang hampa. Pasti butuh beberapa atribut untuk memeriahkannya, seperti cokelat, bunga dan tempat-tempat romantis untuk saling mengungkapkan rasa sayang. Dari situ, mungkin bisa diambil kesimpulan, valentine dan bisnis memang saling berkelindan.

https://www.inibaru.id/hits/geliat-bisnis-kala-valentine-di-semarang-semanis-apa