Segera Pamit dari Indonesia, Berikut Fakta Minuman Bersoda Pepsi

Segera Pamit dari Indonesia, Berikut Fakta Minuman Bersoda Pepsi
Pepsi segera pamit dari Indonesia. (iStockphotos/pepsi)

Per 10 Oktober mendatang, Pepsi dikabarkan akan pamit dari Indonesia. Ada beberapa fakta menarik mengenai minuman bersoda yang identik dengan kaleng biru ini.

Inibaru.id - Pabrik minuman bersoda Pepsi memutuskan untuk berhenti melakukan produksi dan distribusi di Indonesia mulai 10 Oktober mendatang. Saat ini, produk minuman itu kerap dijumpai di gerai-gerai makanan cepat saji di Indonesia.

Dengan adanya keputusan Pepsi untuk pamit dari Indonesia, maka gerai makanan cepat saji mesti mengganti Pepsi dengan minuman bersoda lainnya. Hal ini rupanya sudah diinformasikan kepada produsen yang bekerja sama dengan Pepsi sejak beberapa bulan lalu.

Menurut Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC) Justinus Dalimin yang bekerja sama dengan Pepsi, produsen minuman bersoda yang identik dengan warna biru itu pengin lebih fokus ke negara lain.

“Iya, sudah beberapa bulan lalu Pepsi menginformasikan ke kita kalau mereka mau fokus ke negara lain, nggak di Indonesia. Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober nanti,” ujarnya seperti ditulis di laman Idntimes, Rabu (2/10/2019).

Menyoal Pepsi, berikut lima fakta menarik yang patut kamu ketahui.

Dibuat Ahli Farmasi

Siapa yang menyangka kalau minuman bersoda di gerai makanan cepat saji dibuat seorang ahli farmasi? Ya, Pepsi dibuat ahli farmasi bernama Caleb Bradhman. Dia membuat Pepsi pada 1893 silam dengan bahan campuran gula, karamel, hingga pala.

Asal Nama Pepsi

Ketika dibuat Caleb Bradhman, Pepsi awalnya diberi nama Minuman Brad’s. Namun, nama tersebut kemudian diganti Caleb menjadi Pepsi Cola.

Masuk ke Indonesia

Pepsi masuk ke Indonesia melalui perusahaan patungan antara PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan PepsiCo Amerika Serikat yang menghasilkan PT Pepsi-Cola Indobeverages. Perusahaan yang berproduksi di Purwakarta, Jawa Barat itulah yang membuat Pepsi. Sementara, pendistribusian produk dipercayakan pada PT Indofood Asahi Sukses Beverage. 

Pamit

Per 10 Oktober 2019 perusahaan Pepsi asal Amerika Serikat memutuskan untuk mengakhiri kontrak. Dengan begitu, Pepsi resmi akan pamit dari Indonesia. Bahkan, sekitar satu bulan ini produk keluaran Pepsi susah ditemui, lo.

Ucapan Selamat Tinggal dari Warganet

Warganet Indonesia selalu reaktif dengan kabar-kabar terkini termasuk berita pamitnya Pepsi dari Indonesia. Kabar tersebut memicu tanggapan yang beragam dari warganet.

Warganet dengan nama akun @sweetstrangerrr menunjukkan kesedihannya akan kabar tersebut.

“Sediiihhh. Dl sering beli pepsi blue kl mama / bude abis gajian. Di beliin 1 botol gede buat minum rame2,” tulis @sweetstrangerrr di Twitter.

Warganet dengan nama akun @fukurou24_ pun menunjukkan kesedihan dan kecintaannya pada Pepsi. “It's been more than a decade since i last drink sugary soda..but i still remember how much i loved your Pepsi Blue. You'll be missed #pepsico...,” tulisnya di Twitter.

Tanggapan lain diberikan oleh akun @hasbeenslain. Dia merasa kabar ini merupakan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan.

Strategi marketing gaksi? Kan 10 okt masih lumayan beberapa hari lg nih.... ini kan jadi ke up, banyak yg sedih, bnyk yg cari tau lagi, bnyk yg beli lg. Gak jadi pamit deh kek ria ricis wkwkwkwkkwkw,” tulisnya.

Wah, pilihan minuman bersoda di Indonesia berkurang satu nih. Bagaimana pendapatmu tentang kabar ini, Millens? (MG28/E04)