Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Mulai 19 September

Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Mulai 19 September
Pendaftaran CPNS 2018 segera dibuka. (Setkab.go.id)

Badan Kepegawaian Nasional mengumumkan pendaftaran CPNS mulai dibuka pada 19 September mendatang.

Inibaru.id – Setelah mengalami beberapa kali perubahan sejak Mei lalu, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akhirnya merilis pengumuman resmi pendaftaran CPNS 2018. Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui keterangan tertulis mengonfirmasi pada 19 September nanti pelamar sudah bisa mendaftarkan diri melalui portal sscn.bkn.go.id.

Selain merilis keterangan tertulis, BKN juga menggelar konferensi pers Rapat Koordinasi Pengadaan CPNS 2018 pada Kamis (6/9/2018). Dalam rapat yang berlangsung di Kompleks Bidakara itu, Bima menjelaskan  mekanisme pendaftaran CPNS tahun ini.

“Berapa jumlah yang kami perkirakan, kami mengantisipasi antara 5-6 juta orang peserta. Kalau yang daftar lebih dari itu, mungkin SSCN-nya masih mampu menerima pendaftaran. Pendaftaran itu hanya bisa dimulai jika semua datanya sudah masuk. Kalau semua sudah masuk, baru akan kami buka sehingga peserta bisa memilih (formasi). Kami juga mengimbau para peserta untuk mendaftar pada hari-hari awal, tidak menunggu hari-hari terakhir karena akan sangat padat,” tutur Bima, seperti ditulis Tribunnews.com, Kamis (6/9).

Untuk menggelar tes CPNS, BKN menyiapkan 176 titik lokasi yang terdiri atas Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN, dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk fasilitas selama tes, BKN akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Pada pendaftaran kali ini, pemerintah membuka 238.015 formasi. Jumlah tersebut terdiri atas 51.271 formasi untuk instansi pusat (76 kementerian/lembaga) dan 186.744 formasi untuk 525 instansi daerah. Saat mendaftar, pelamar diperbolehkan memilih 1 instansi pemerintah dan 1 formasi jabatan.

Tuh Millens, pendaftarannya sudah dibuka, lo. Kalau berminat, pastikan dulu pastikan dulu kamu melengkapi syarat-syaratnya. Jangan lupa juga siapkan “amunisi” untuk menghadapi serangkaian tes nanti. Selamat berjuang! (IB15/E04)