Sediakan Beasiswa Pendidikan, Medcom.id Diganjar Penghargaan dari Kemenristekdikti

Sediakan Beasiswa Pendidikan, Medcom.id Diganjar Penghargaan dari Kemenristekdikti
Medcom.id menerima penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (Medcom.id)

Medcom menjadi satu-satunya media yang mendapatkan penghargaan dari Kemenristekdikti. Penghargaan ini diberikan lantaran Kemenristekdikti menganggap Medcom turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui program OSC.

Inibaru.id - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali mengganjar portal berita dan video daring Medcom.id dengan penghargaan Anugerah Kemahasiswaan II Tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan kepada Medcom.id pada Jumat, (15/12/2018) di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Tahun ini merupakan kali kedua Medcom.id menerima penghargaan tersebut. Medcom.id juga menjadi satu-satunya media yang mendapatkan penghargaan dari Kemenristedikti itu. Anak perusahaan dari Media Group ini menerima penghargaan kategori Lembaga Mitra Kemahasiswaan lantaran dinilai turut berkontribusi dalam dunia pendidikan melalui program Online Scholarship Competition (OSC).

OSC merupakan program Medcom.id yang telah dirintis sejak 2015 silam. Program ini menjadi bentuk kepedulian Medcom.id dalam memberi ruang sekaligus kesempatan belajar bagi para siswa yang pengin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan program OSC Medcom itu membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

Menurut Ismunandar, peran pihak swasta amat dibutuhkan pemerintah. Dalam hal ini, Medcom.id menjadi salah satu contoh dukungan dari pihak swasta. Dia juga berharap, di masa depan, semakin banyak pihak swasta yang berkontribusi dalam memberi bantuan pendidikan.

“Salah satu dari tugas kami di Belmawa Kemenristekdikti adalah memperluas akses karena masih banyak mahasiswa kita yang sebetulnya bisa mengeyam pendidikan tinggi, tapi karena keterbatasan ekonomi tidak bisa,” kata Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Dengan adanya OSC, Ismunandar berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak terkait. Selain itu, Ismunandar memasang harapan tinggi agar program OSC mampu menghasilkan mahasiswa-mahasiswa dengan kualitas tinggi, memiliki prestasi akademik yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan yang mumpuni, berkarakter luhur, serta memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam. Karakter-karakter ini amat diperlukan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Pada acara yang sama, Project Officer Program OSC Medcom.id Findo Gading merasa bersyukur dan menjadikan penghargaan tersebut sebagai motivasi bagi pihaknya.

"Penghargaan ini semakin memotivasi kami agar terus berkarya dan berbuat untuk memberi kemudahan bagi pelajar di seluruh Indonesia dalam mengakses perguruan tinggi," tutur Findo.

Hingga saat ini, beasiswa OSC telah diselenggarakan sebanyak empat kali. Beasiswa tersebut memperluas kesempatan para siswa di seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan S1 di 18 perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.

Karena bersifat daring, para peserta juga nggak perlu datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri. Tahap pendaftaran hingga tes dilakukan secara daring sehingga mempermudah peserta.

Selain Medcom.id, Baznas, Bank Mandiri, Shell, Loreal, Xl, Usaid, Ausaid, dan Tanoto Foundation juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Selamat Medcom.id! Semoga selalu sukses dan semakin berjaya. (IB15/E04)