Sebuah Obituari: Yang Terkenang dari BJ Habibie

Kisah hidup BJ Habibie memang luar biasa dan menarik untuk diceritakan. Berikut adalah beberapa hal yang menarik selama perjalanan hidup Habibie.

Sebuah Obituari: Yang Terkenang dari BJ Habibie
Bj Habibie. (indonesiainside)

Inibaru.id – Indonesia berduka. Tak hanya kehilangan salah satu mantan presiden terbaik yang pernah memimpin negeri ini, Indonesia juga kehilangan salah seorang putra bangsa paling cerdas yang pernah hidup dalam sejarah. Kisah hidup Habibie bahkan nggak habis untuk diceritakan dalam hitungan hari.

Dikenal sebagai Pembuat Pesawat Terbang

Bagi masyarakat yang pernah mengalami masa Orde Baru dan Reformasi, tentu yang terngiang dari Habibie adalah kejeniusannya di bidang teknologi dan kemahirannya dalam membuat pesawat terbang. Dalam realitanya, berkat andil Habibie pesawat N-250, pesawat asli buatan Indonesia mengudara untuk pertama kali pada 1995 silam.

“Tanpa beliau, industri pesawat terbang di Indonesia nggak akan pernah ada,” ucap Direktur Utama PT DI, Elfien Goentoro sebagaimana ditulis laman Detik, Rabu (11/9/2019).

Kisah Cinta yang Melegenda

Habibie nggak hanya lekat dengan teknologi. Dalam realitanya, kisah cintanya bersama dengan Ainun, istrinya sangat menginspirasi. Bahkan, tiga film dibuat khusus untuk mengenang keduanya. Film tersebut adalah Habibie & Ainun (2012), Rudy Habibie (2016), dan terakhir Habibie & Ainun 3 yang akan tayang Desember 2019 nanti.

Selain ketiga film ini, ada film lain yang juga melibatkan tokoh Habibie, yakni Di Balik 98 yang menceritakan runtuhnya Orde Baru.

Menolak Pindah Negara

Sebagian masa hidup Habibie dihabiskan di Jerman. Pemerintah Jerman yang menyadari kejeniusannya berkali-kali menawarkannya menjadi warga negara. Bahkan, meskipun statusnya adalah “warga negara kehormatan” Habibie memilih untuk menolak tawaran ini.

“Sekalipun saya diberi status warga negara Jerman, setiap kali Tanah Air memanggil, maka paspor (Jerman) akan saya robek dan saya akan segera pulang,” tulis Habibie di buku Habibie dan Ainun.

Dihormati Masyarakat Timor Leste

Bagi masyarakat Timor Leste, Habibie bisa dianggap sebagai salah satu pahlawan. Ini berkaitan dengan kebijakan yang diambil Habibie tentang Timor Leste. Saat Habibie menjabat sebagai presiden RI, beliau memberikan hak referendum bagi masyarakat Timor Leste untuk menentukan nasib sendiri.

Pada 29 September 2019 nanti, pemerintah Timor Leste akan meresmikan Jembatan dan Taman BJ Habibie di kawasan Bidau Santana, Dili sebagai penghormatan pada Habibie dan simbol persahabatan Indonesia dengan Timor Leste.

Menyelamatkan Indonesia dari Krisis Ekonomi

Saat Presiden Soeharto lengser pada 21 Mei 1998, Habibie langsung dibebani berbagai masalah luar biasa. Dalam jangka waktu yang sangat pendek menjabat sebagai Presiden, tepatnya 571 hari, Habibie mampu menurunkan nilai tukar rupiah dengan dolar AS dari yang awalnya di angka Rp 15 ribu per Dolar menjadi Rp 6.500.

Baca Juga:
Lima Warisan BJ Habibie yang Membanggakan Indonesia
Mengenang Kisah BJ Habibie lewat Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Tepi Pantai Parepare

Jasa-Jasa Pak Habibie bagi Indonesia sangat besar, ya Millens. Terima kasih atas jasa dan karyamu, Pak Habibie. Namamu selalu terkenang di hati masyarakat. (IB09/E04)