Seberapa Sering Sebaiknya Seseorang Perlu Keramas?

Seberapa Sering Sebaiknya Seseorang Perlu Keramas?
Ilustrasi keramas. (StyleCaster)

Supaya tepat, kamu perlu tahu seberapa sering sebaiknya melakukan keramas dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan keramas. Yuk, simak ulasannya!

Inibaru.id – Cara paling umum untuk membersihkan rambut adalah dengan keramas. Keramas atau mencuci rambut merupakan salah satu perawatan yang nggak hanya bertujuan untuk membersihkan rambut saja lo, tetapi juga untuk membersihkan kulit kepala.

Kulit kepala memiliki kelenjar yang menghasilkan zat berminyak (sebum) untuk menjaga kelembapan rambut. Sayangnya, genetika dan hormon setiap orang yang berbeda-beda mempengaruhi seberapa banyak sebum yang dihasilkan. Bila sebum sudah berlebih, rambut akan terasa berat, lepek, dan menghasilkan aroma nggak enak. Inilah yang membuat seseorang membutuhkan keramas untuk membersihkannya.

Nah, sebagian dari kamu pasti bertanya-tanya nih, berapa kali sih sebenarnya seseorang perlu keramas dalam seminggu?

Pada dasarnya, kebutuhan keramas setiap orang berbeda-beda ya, Millens! Ada orang yang akan baik-baik saja kalau nggak keramas dan ada juga orang yang rambutnya akan bau dan lepek saat nggak keramas, meskipun hanya terlewat satu hari saja. Namun, pada umumnya orang membutuhkan keramas setidaknya 2-3 hari sekali. Jadi, nggak ada orang yang harus keramas setiap hari.

Lynne Goldberg, direktur klinik rambut Boston Medical Center, AS mengatakan bahwa keramas terlalu sering dapat lebih berbahaya. Sebab, orang-orang yang mencuci rambut terlalu sering untuk menyingkirkan minyak di kulit kepala justru membuatnya semakin berminyak.

Sebelum memutuskan seberapa sering kamu harus keramas, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini!

Mengenali Jenis Rambut dan Kulit Kepala

Nggak ada salahnya untuk menentukan jadwal untuk mencuci rambut. Akan tetapi, sesuaikan dengan jenis rambut dan kondisi kulit kepalamu ya, Millens. Apabila kamu pemilik rambut yang normal dan kering alias nggak terlalu berminyak, kamu cukup mencucinya satu atau dua kali seminggu. Namun, bila kamu memiliki masalah rambut sangat berminyak, sebaiknya keramaslah lebih sering sesuai dengan kebutuhanmu.

Sesuaikan dengan Tekstur dan Gaya Rambut

Tekstur rambut juga berpengaruh pada seberapa sering sebaiknya kamu keramas. Orang yang memiliki rambut keriting, sebaiknya keramas sekali seminggu. Sebab, pada rambut keriting, minyak rambut lebih lambat menyebar. Sementara orang dengan rambut lurus, harus keramas setidaknya dua kali seminggu.

Namun, bila kamu adalah seseorang yang sering menggunakan produk untuk rambut seperti hair spray atau pewarna rambut, sebaiknya kamu jangan terlalu sering keramas dan konsultasikan dulu pada ahlinya untuk mencegah kerusakan rambut.

Jadi keramas setiap hari nggak melulu baik ya, Millens(IB07/E06)

Baca juga: Nggak Menyakiti Hewan dalam Proses Uji Coba, Kosmetik dengan Label Ini Layak Dipilih

Menakjubkan, Ini Karomah Syekh Kramat Jati Semarang