Seberapa Sering Kamu Harus Makan Biar Berat Badan Turun?

Beberapa orang kesulitan untuk menurunkan berat badan hingga harus mengontrol makan. Nah, untuk menurunkan berat badan kamu harus tau seberapa sering kamu boleh makan.

Seberapa Sering Kamu Harus Makan Biar Berat Badan Turun?
Harus makan berapa kali biar nggak gemuk. (Medisyskart)

Inibaru.id – Barang kali kamu termasuk orang yang yakin dengan makan sering dalam porsi kecil dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga mampu membakar lebih banyak kalori. Namun, ternyata hal ini nggak selalu benar, lo.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, meski makan enam kali dengan porsi kecil sehari tetap bisa menyebabkan obesitas meski nggak semua responden mengalaminya.

Jadi untuk mengetahui berapa kali kamu harus makan kamu perlu mengenali tubuhmu terlebih dahulu.

1. Jangan Asal-Asalan, Kamu Harus Punya Rencana Realistis

Penurunan berat badan hanya akan terjadi ketika kamu memiliki rencana yang realistis sesuai gaya hidup dan kebutuhan. Selain itu, kamu juga harus memiliki tujuan yang nggak hanya untuk rencana tapi kamu harus mematuhi dan menjalaninya secara konsiten. 

Penurunan berat badan terbaik adalah dengan memilih pola yang paling mudah bagi diri sendiri. Berarti hanya kamu dan tubuhmu yang bisa menentukan seberapa sering kamu makan untuk menurunkan berat badan.

2. Kamu Perlu Memperbaiki Kebiasaan Kalau Mau Berhasil

Saat kamu makan lebih sedikit dari kalori yang dibakar, tubuhmu akan mulai membakar cadangan lemak yang tersimpan. Sebab itu kamu harus memahami Total Pengeluaran Energi Harian (TDEE) agar penurunan berat badan terlihat nyata.

3. Alasan Penurunan Berat Badan Harus Penuh Pertimbangan, Bukan Cuma Ikut Tren

Kamu harus mempertimbangkan penurunan berat badanmu, apakah untuk kesehatan atau untuk kebugaran tubuh.

Apa pun alasanmu, penting untuk memahami bagaimana berat badanmu bisa turun. Kamu dapat melihat kondisi apa yang menyebabkan bobot tubuhmu terus menurun dan membengkak.

Jika kamu sudah mendapatkan jawabannya tentu bakal lebih mudah mencari jalan guna menurunkan berat badan. Coba deh kamu ingat-ingat ketika kamu dengan "tanpa dosa" mengunyah makanan apakah karena kebutuhan atau hanya terpaku keinginan?

Ada baiknya juga kamu meneguk segelas air sebelum mulai makan. Air yang kamu minum akan mengurangi rasa lapar dan akhirnya akan mengurangi porsi makanmu. Hm, jadi nggak berlebihan deh! (IB30/E05)