Seberapa Besar Peluang Orang Indonesia Jadi Anggota Boyband atau Girlband K-Pop?

Seberapa Besar Peluang Orang Indonesia Jadi Anggota Boyband atau Girlband K-Pop?
Dita Karang, anggota girlband K-pop Secret Number asal Indonesia (Instagram/@ditakarang)

Lisa Blackpink dari Thailand, Dita Karang Secret Number dari Indonesia. Apakah peluang orang Indonesia untuk menjadi bintang Kpop cukup besar? Begini penjelasan SM Entertainment

Inibaru.id – Pada 19 Mei 2020, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan debut Dita Karang di girlband K-pop ‘Secret Number’. Girlband ini memang beranggotakan lima perempuan dari berbagai negara. Selain Dita dari Indonesia, ada Denise dan Jinny dari Amerika Serikat, Lea yang berasal dari Jepang, dan Soodam, satu-satunya anggota ‘asli’ Korea Selatan.

Keberadaan Dita di ingar-bingar dunia K-pop ini mendapatkan sambutan hangat masyarakat sekaligus memunculkan pertanyaan baru; seberapa besar sih peluang orang Indonesia untuk menjadi anggota boyband atau girlband K-pop?

Mantan pegawai SM Entertainment ternyata membocorkan peluang orang Indonesia untuk menjadi anggota girlband atau boyband di Korea Selatan. Hal ini diungkap oleh media yang sering memberitakan tentang dunia K-pop, Koreaboo. Ternyata, kemungkinan orang Indonesia untuk mendapatkan peluang ini cukup besar, lo.

Dita Karang, anggota girlband Secret Number (Dbl.id)
Dita Karang, anggota girlband Secret Number (Dbl.id)

Sang mantan pegawai SM Entertainment yang nggak disebutkan namanya ini mengaku bekerja di bagian casting luar negeri selama 3 tahun. Ternyata, ada lo audisi yang dilakukan SM Entertainment di Indonesia. Audisi ini dilakukan di Jakarta dan Surabaya pada November 2019 lalu. Saat itu, cukup banyak orang yang ikut audisi.

Dari sekitar 10 ribu pelamar, setidaknya 2,500 sampai 3.000 peserta mendapatkan kesempatan melakukan audisi per hari. Masalahnya, dari semua yang melakukan audisi, belum tentu ada satu orang yang menarik para juri casting. Hal ini disebabkan oleh standar SM Entertainment yang sangat tinggi. Dalam audisi pada 2019 lalu, dilaporkan hanya ada empat peserta yang lolos.

Masing-masing dua laki-laki dan dua perempuan. Mereka diketahui sudah berada di Korea dan melakukan latihan. Sayangnya, belum jelas apakah sudah mendapatkan kontrak trainee atau belum.

Jika para peserta yang lolos audisi ini ternyata bisa menjalani latihan dan berkembang di tangan para pelatih, besar kemungkinan mereka akan masuk dalam anggota boyband atau girlband K-pop yang akan melakukan debut.

Jadi, kalau kamu tertarik jadi bintang K-pop, selalu cari informasi audisi di Indonesia, ya Millens? Bisa jadi kamu adalah orang yang beruntung untuk mendapatkan kesempatan itu. (Lin/IB09/E05)