Sebenarnya Kamu Kelelahan Atau Mengantuk?

Sebenarnya Kamu Kelelahan Atau Mengantuk?
Ketiduran karena tugas yang menggunung. (merdeka.com/Shutterstock/Creativa)

Beberapa orang mengaku kelelahan padahal mengantuk. Apa sih perbedaan kantuk dan lelah?

Inibaru.id – Saat mengantuk kamu merasa lelah, namun saat lelah juga kamu merasa mengantuk. Kedua hal ini sulit dibedakan namun untuk menentukan apakah kamu perlu tidur atau hanya butuh beristirahat perlu diketahui perbedaannya. Yuk Millens, kenali perbedaan kantuk dan lelah!

Mengantuk

Seseorang saat mengantuk akan kehilangan fokus pada inderanya sehingga merasa ingin segera memejamkan mata. Dan rasa kantuk ini bakal bertambah parah seiring waktu ketika terbangun. Rasa kantuk ini muncul karena menumpuknya kandungan kimia di dalam otak yang disebut adenosin. Ini adalah sinyal bahwa kamu butuh tidur.

Saat adenosin dalam tubuh semakin metumpuk, rasa kantuk bakal terasa makin dahsyat. Rasa kantuk ini hanya bisa diatasi dengan tidur yang cukup agar tubuh terasa bugar kembali.

Kelelahan

Berbeda dengan kantuk, saat lelah kamu bakal merasakan otot dan tulang, tangan dan kaki yang berat seperti usai berolahraga keras. Hal ini karena kamu nggak bisa mengeluarkan energi sesuai kebutuhanmu sehingga terdapat tekanan pada mental.

Waspada, karena hal ini bisa menjadi sebab masalah kesehatan lain seperti anemia, hipotiroid, hingga kanker, atau menjadi sindrom kelelahan kronis.

Yuk, jaga pola tidur agar nggak mudah lelah dan mengantuk. Ingat, tidur terlalu banyak atau sedikit juga nggak baik untuk kesehatan. (IB30/E05)