Sebelum Takbir Keliling, Simak Tips Berikut Yuk!

Sebelum Takbir Keliling, Simak Tips Berikut Yuk!
Masyarakat melakukan takbir keliling. (Republika/ Tahta Adilla)

Takbir keliling sudah menjadi salah satu tradisi yang selalu dilakukan di malam Idulfitri. Agar tetap berjalan aman dan lancar, kamu harus memperhatikan sejumlah aturan dan tips berikut.

Inibaru.id – Menjelang Idulfitri, ada serangkaian tradisi di Indonesia yang dirayakan untuk menyambut Hari Kemenangan umat Islam. Salah satunya dengan melaksanakan takbir keliling. Yap, ruas-ruas jalan raya dan tempat umum banyak dipenuhi masyarakat saat takbir keliling pada malam Lebaran.

Namun, takbir keliling nggak selalu berjalan mulus. Ada beberapa kasus yang kurang mengenakkan terjadi pada peserta takbir keliling. Nah, agar takbir keliling berjalan lancar dan aman, yuk simak tips-tips berikut!

Penuhi Bahan Bakar

Penuhi bahan bakar agar nggak mengantre di SPBU. (Tribunnewsbatam/Argianto DA Nugroho)

Saat malam takbiran dapat dipastikan ruas jalanan dan fasilitas umum bakalan ramai, termasuk SPBU. Daripada harus antre berlama-lama, lebih baik penuhi dahulu bahan bakar kendaraanmu sebelum mulai takbir keliling.

Hindari Penggunaan Obor

Hindari penggunaan obor untuk alasan keselamatan. (Republika/Tahta Adilla)

Nggak sedikit masyarakat yang menggunakan obor sebagai properti takbir keliling. Namun, beberapa tahun belakangan penggunaan obor sudah banyak dilarang dengan alasan keselamatan. Yap, ganti dengan properti lain seperti bedug atau kentongan, ya.

Hindari Penggunaan Kendaraan Terbuka

Penggunaan kendaraan terbuka lebih minim keselamatan. (Getty Images/Jeoffrey Maitem)

Sejumlah peserta takbir keliling seringkali menunggang kendaraan bak terbuka. Duh, faktor keselamatannya lebih minim lo, Millens. Lebih baik hindari naik kendaraan terbuka saat takbir keliling ya.

Pakai Baju yang Simpel

Hindari penggunaan pakaian yang akan merepotkan diri sendiri. (Antara/Ahmad Subaidi)

Saat takbir keliling, kamu bakal melakukan perjalanan dengan tempo yang cukup lama. Selain itu, kamu juga bakal berkumpul bersama banyak orang. Agar nggak ribet, pakailah pakaian yang simpel dan nggak merepotkan dirimu sendiri.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Tetap patuhi aturan berlalu lintas. (Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo)

Takbir keliling banyak dihabiskan di jalanan. Karena itu, penting bagimu untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas. Bagi yang memakai kendaraan, pakailah atribut keselamatan dan patuhi rambu-rambu yang ada ya!

Ingat Waktu

Tetap atur waktu takbir keliling. (Liputan6/B Santoso)

Meski asyik, jangan sampai takbir keliling membuatmu lupa waktu. Ingat, esok hari kamu harus bangun lebih awal untuk melaksanakan salat Id. Jangan sampai kesiangan gara-gara pulang takbir keliling terlalu larut malam.

Merayakan Idulfiri dengan takbir keliling sah-sah saja, kok. Namun, kamu perlu tahu aturannya supaya nyaman dan aman hingga pulang ke rumah. (IB10/E04)