Sebelum Pakai Suncreen, Ketahui Dulu Cara Menghitung SPF-nya

Sebelum Pakai <em>Suncreen</em>, Ketahui Dulu Cara Menghitung SPF-nya
Cara menghitung SPF di sunscreen. (Cosmopolitanturkiye)

Bila beraktivitas di luar ruangan penting bagimu menggunakan produk yang memiliki kandungan SPF seperti sunscreen untuk melindungi kulit. Beda kadar SPF, beda juga perlindungannya untuk kulitmu, lo. Yuk, cari tahu cara menghitung kandungan SPF di sunscreen.

Inibaru.id – Sinar matahari yang yang menyengat pada siang hari nggak baik untuk kulitmu. Dengan alasan ini, kamu dianjurkan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Sinar matahari mengandung UVA dan UVB. Huruf A dari UVA artinya aging (penuaan) dan B dari UVB artinya burning (pembakaran). Kedua UV ini dapat merusak sel-sel kerotinosit pada jaringan kulit sebagai efek jangka panjang. Selain itu, kandungan itu bisa mengakibatkan kulit memerah atau terbakar yang bisa memicu kanker kulit. Duh, tentu kamu nggak pengin hal itu terjadi, kan?

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung SPF, misalnya yang terdapat dalam sunscreen. SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yakni produk pelindung kulit dari sengatan matahari. Produk-produk sunscreen biasanya menggunakan SPF dengan kadar yang berbeda-beda misalnya SPF 15, SPF 25, SPF 30, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Hellosehat (6/1/2017), angka SPF adalah penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika matahari akan membakar kulitmu dalam waktu 15 menit, dengan menggunakan SPF 10 kulitmu terlindung 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar. Cara menghitung jangka waktunya adalah besar kandungan SPF dikali 10 menit, 15x10 menit = 150 menit alias 2,5 jam. Begitu seterusnya.

Angka kandungan SPF ini nggak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan produk tersebut. Namun, produk dengan SPF tinggi dapat memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang. Dengan demikian, kadar SPF berapa pun sama baiknya melindungi kulitmu dari sinar matahari.

Para ahli kemudian merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan fitur tahan air dengan jangkauan SPF 30 hingga 60. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya secara merata dan gunakan ulang setelah jangka waktunya habis sehingga perlindungan terhadap kulit tetap terjaga baik.

Bagi sobat Millens yang hendak pergi ke pantai di musim kemarau seperti ini, jangan lupa gunakan produk yang menggunakan SPF, ya. (IB07/E04)