Sebelum Menikah, Simak Dulu Rincian Alokasi Dana Pernikahan Berikut

Untuk menghindari anggaran dana pernikahan yang membengkak saat pelaksanaan, kamu perlu tahu detail apa saja yang bakal membutuhkan alokasi dana. Pos dana apa saja ya yang perlu disiapkan?

Sebelum Menikah, Simak Dulu Rincian Alokasi Dana Pernikahan Berikut
Sepasang pengantin. (Patchworkit)

Inibaru.id – Menyiapkan sebuah pesta pernikahan memang membutuhkan ketelitian lebih, terutama jika menyangkut alokasi dana yang akan dikeluarkan. Yap, alokasi dana termasuk salah satu hal yang paling krusial, nih.

Alokasi dana nggak boleh melebihi anggaran yang sudah ditentukan. Nah, untuk menghindari hal itu kamu tentu perlu tahu kebutuhan apa saja yang bakal menyita anggaran dana dalam pernikahan?

Bridestory, salah satu platform vendor pernikahan di Indonesia, membuat rincian alokasi dana pernikahan yang biasanya dikeluarkan calon pengantin. Apa saja ya?

Tempat dan Katering (39,2 persen)

Tempat dan katering merupakan dua hal krusial dalam pernikahan. (Tamankajoe)

Kedua hal ini termasuk yang paling penting di pesta pernikahanmu. Tempat yang kamu sewa, baik indoor maupun outdoor, harus memiliki daya tampung yang sesuai dengan tamu undangan serta memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Katering atau jamuan makanan pun sudah tentu menjadi hal krusial yang perlu dipikirkan. Kalau kateringnya nggak pas, bisa-bisa tamumu ngomel-ngomel!

Dekorasi dan Tata Cahaya (12,3 persen)

Dekorasi dan tata cahaya akan mempercantik suasana pesta. (Weddingku)

Untuk mendukung suasana pesta, kamu tentu memerlukan dekorasi dengan tema tertentu, kan? Bantuan tata cahaya juga diperlukan terutama jika pesta pernikahanmu berada di dalam gedung atau diselenggarakan pada malam hari.

Wedding Planner (5,51 persen)

Wedding planner akan membantu merancang pesta pernikahan. (Youandyourweddingday)

Merumuskan pesta pernikahan impian tentu nggak mudah. Bila kamu nggak sanggup mengonsep pernikahan secara mandiri, ada baiknya gunakan jasa wedding planer. Mereka dapat membantumu dalam merancang pesta pernikahan dengan tema dan dekorasi yang nggak bakal terlupakan.

Gaun Pernikahan (4,93 persen)

Ilustrasi pasangan pengantin. (Seleo)

Saat menikah, gaun pernikahanmu bakal disorot tamu undangan yang hadir. Karena itu, memilih gaun pernikahan yang cocok adalah pilihan yang tepat.

Dokumentasi Pernikahan (4,74 persen)

Ilustrasi fotografer pernikahan. (Lukihermanto)

Momen spesial yang terjadi satu kali seumur hidup tentu harus diabadikan, Millens. Jasa fotografi pernikahan akan kamu perlukan untuk mendapatkan dokumentasi yang memuaskan untuk disimpan seumur hidup. Selain itu, dokumentasi juga bisa diabadikan lewat video.

Fotografi Pranikah (4,72 persen)

Ilustrasi foto pranikah. (Ammora)

Tren foto prewedding atau pranikah menjadi hal yang wajar dilakukan calon pengantin masa kini. Hasil foto pranikah ini biasanya dicantumkan dalam undangan atau dipajang saat hari pernikahan.

Cincin Pernikahan (4,64 persen)

Ilustrasi cincin pernikahan. (Shutterstock)

Cincin pernikahan tentu nggak boleh ketinggalan dalam anggaran, ya. Cincin itu akan menjadi tanda ikatan antara kamu dan pasanganmu. Jadi, carilah cincin yang spesial dan sesuai kebutuhan ya, Millens.

Wedding Organizer (4,53 persen)

Ilustrasi seorang kru wedding organizer. (Shutterstock)

Nggak hanya wedding planner, kamu juga membutuhkan jasa wedding organizer untuk menciptakan pesta pernikahan impian. Apalagi jika kamu dan pasangan memiliki kesibukan yang padat. Wedding organizer akan membantu melancarkan pesta pernikahanmu yang sudah dirancang sebelumnya.

Musik Pengiring (3,08 persen)

Hiburan musik akan memeriahkan suasana pesta pernikahan. (Sanctuary String Quartet)

Hiburan akan diperlukan untuk memeriahkan pesta pernikahanmu. Suguhan musik dari band pernikahan perlu dianggarkan.

Makeup dan Hair do (2,59 persen)

Ilustrasi merias pengantin. (Beritabojonegoro)

Sebagai penunjang penampilan, mekap dan hair do dirimu dan pasangan harus diperhatikan nih. Memilih jasa rias pengantin yang profesional menjadi keharusan agar penampilanmu dan pasangan nggak mengecewakan di hari pernikahan. EIts, tapi sesuaikan dengan bujet yang kamu punya, ya.

Suvenir (2,28 persen)

Ilustrasi suvenir pernikahan. (Shutterstock)

Suvenir untuk tamu undangan adalah hal yang wajar diberikan pengantin sebagai tanda terima kasih. Karena itu, suvenir bakal masuk dalam alokasi dana pernikahanmu.

Undangan (1,93 persen)

Ilustrasi undangan pernikahan. (Yesterdaycreative)

Baik berbentuk cetak maupun digital, undangan tentu diperlukan untuk memberitahukan pesta pernikahanmu pada para tamu. Sesuaikan bujet dan kebutuhan serta sasaran tamu undanganmu, ya.

Lain-lain (7,23 persen)

Detail pernikahan lainnya juga akan memerlukan anggaran dana yang cukup dalam rancangan pesta pernikahanmu. Kamu juga perlu membuat anggaran khusus untuk itu, ya.

Fyi, anggaran dana setiap pesta pernikahan tentu berbeda. Tipe pernikahan dan banyaknya tamu undangan menjadi beberapa faktor yang memengaruhinya. Nah, sudah punya rancangan pernikahan impian? (IB10/E04)