Sebelum Membuat Open House, Simak Dulu Tips Mengatur Anggarannya

Sebelum Membuat <em>Open House</em>, Simak Dulu Tips Mengatur Anggarannya
Ilustrasi open house. (Getty Images)

Sebelum mengadakan open house diperlukan perencanaan yang matang. Mulai dari konsep acara hingga rencana anggaran pengeluaran mesti diperhitungkan betul-betul supaya nggak mengecewakan.

Inibaru.id – Salah satu tradisi yang diadakan untuk memeriahkan Lebaran adalah gelaran open house. Acara itu menjadi ajang silaturahmi dan saling memaafkan antarkeluarga, kerabat, dan teman-teman.

Jika kamu termasuk salah seorang yang ikut menyelenggarakan open house, ada sederet persiapan yang mesti dilakukan. Mulai dari konsep acara hingga anggaran belanja perlu kamu pertimbangkan secara masak. Nah, agar rancangan open house kamu nggak menghabiskan biaya yang membludak, coba intip lima hal berikut.

Makanan Utama

Ragam makanan khas lebaran. (Shutterstock)

Sajian makanan utama biasanya khas Lebaran misalnya ketupat, opor ayam, rendang, dan sambal goreng hati. Nah, tentukanlah menu makanan yang akan kamu sajikan beserta perkiraan porsinya. Usahakan memilih makanan yang cocok di lidah semua orang, ya.

Oh iya, dengan merancang menu makanan utama, kamu juga bisa memperkirakan berapa dana yang akan kamu keluarkan untuk belanja menu makanan itu.

Kue Kering

Salah satu kue lebaran. (Resepkoki)

Lebaran juga identik dengan ragam kue-kue kering seperti nastar, lidah kucing, dan kastengel. Selain itu, ada juga variasi camilan seperti kacang-kacangan, kolang-kaling, dan gulali. Kalau kamu nggak memiliki waktu luang untuk membuatnya, lebih baik pesan atau beli saja kue yang sudah jadi. Tentu dengan memperhitungkan kalkukasi harganya terlebih dulu ya.

Tunjangan Hari Raya (THR)

Ilustrasi memberi THR. (Shutterstock)

Nah, ini nih yang paling diincar tamu open house terutama anak-anak. Sebagai tuan rumah, kamu juga mesti mempersiapkan THR untuk dibagikan kepada anak-anak yang datang. Nggak perlu nominal yang besar, yang penting kamu ikhlas. Tamu yang mendapat THR pun akan gembira.

Aksesoris Lebaran

Ilustrasi aksesoris lebaran. (Ramadan.quotesms)

Hiaslah rumahmu dengan aksesoris khas Lebaran agar para tamu merasa nyaman dan betah. Dekorasi rumah khas Lebaran juga dapat membuat tamu merasa dihargai karena kamu benar-benar mempersiapkan open house sepenuh hati. Jangan lupa, aksesoris yang kamu beli harus sesuai bujet yang sudah dianggarkan, ya.

Jasa Tenaga Bantuan

Jasa tenaga bantuan kebersihan. (Kliknclean)

Saat acara berlangsung, lebih baik kamu fokus untuk beramah-tamah dengan para tamu. Sementara, untuk urusan memasak makanan, melayani tamu, hingga membersihkan rumah bisa kamu serahkan pada jasa tenaga bantuan.

Kamu bisa mendapatkannya lewat yayasan penyalur. Memang butuh bujet lebih, tapi kamu akan lebih santai dan nggak terlalu lelah saat menggelar acara open house.

Inti acara open house adalah silaturahmi dan berkumpul bersama. Karena itu, kamu mesti menyesuaikan seluruh rangkaian acara dengan bujet yang ada. Jangan sampai memaksakan diri untuk membuat acara mewah namun pengeluaran membludak! (IB10/E04)