Lika-liku Tahap Seleksi CPNS Ini Perlu Kamu Ketahui

Lika-liku Tahap Seleksi CPNS Ini Perlu Kamu Ketahui
Tes CPNS. (Tribunnews.com)

Berprofesi sebagai PNS memang menggiurkan. Namun, untuk mendapat jabatan itu, banyak lika-liku yang perlu harus kamu hadapi.

Inibaru.id – Formasi CPNS 2018 sudah diumumkan sejak Rabu (19/9/2018). Sebanyak 238.015 formasi yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi pusat dan 186.744 formasi di instansi daerah dibuka. Para pelamar pun saat ini berbondong-bondong melengkapi berkas-berkas persyaratan CPNS sebelum pembukaan pendaftaran pada 26 September mendatang.

Selama ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang dipandang sebagai salah satu pekerjaan mentereng di Indonesia. Nggak heran, setiap pembukaan lowongan CPNS, pendaftar pasti bakal membludak.

Namun, butuh perjuangan yang besar untuk menjadi PNS, Millens. Kamu mesti melewati pelbagai tahap seleksi untuk menyandang status PNS.

Nggak hanya tahap seleksi yang belapis-lapis, lika-liku di setiap tahap seleksi juga berbeda-beda. Berikut lika-liku yang kerap dilalui pelamar CPNS pada setiap tahap seleksi.

  1. Seleksi Adminitrasi

Seleksi adminitrasi adalah tahap pertama yang harus kamu lewati. Di tahap ini, kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti identitas diri, ijazah pendidikan terakhir, hingga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Jauh-jauh hari, kamu harus meneliti apakah terdapat kesalahan dalam setiap dokumenmu. Pastikan nama yang tercantum dalam setiap dokumen sama. Kalau nggak sama, ini akan merepotkanmu karena sistem komputer secara otomatis akan menggugurkanmu. Hal itu karena kamu dianggap memberi data yang nggak valid.

Nah, pengurusan berkas-berkas ini perlu waktu yang cukup lama. Kamu mesti bolak-balik ke sejumlah instansi untuk mendapatkan surat-surat yang disyaratkan atau sekadar meminta legalisasi. Belum lagi, antrean pemohon yang mengular bakal menguras kesabaran dan waktumu. Duh!

  1. Seleksi Kompetensi Dasar

Bila kamu sudah lolos tahap seleksi administrasi, selanjutnya kamu bakal menghadapi seleksi kompetensi dasar. Seleksi kompetensi dasar meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada tahap ini, kemampuan numerik hingga integritas diri bakal diuji. Jadi, kamu tentu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Untuk melewati tahap ini, kamu mesti belajar lagi tentang materi-materi yang diujikan. Belajar dari soal-soal latihan bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu.

  1. Seleksi Kompetensi Bidang

Jika kamu berhasil lolos Seleksi Kompetensi Dasar, tahap selanjutnya yang harus kamu lewati adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Selain tes tertulis, kamu juga akan mengikuti tes praktik kerja, tes fisik, dan wawancara.

Sesuai dengan namanya, kamu bakal menghadapi soal-soal sesuai dengan institusi yang kamu pilih. Jika kamu masuk institusi militer, kamu akan menjalani serangkaian tes fisik yang melelahkan. Supaya lolos, kamu perlu rutin berlatih dan memperhatikan catatan waktumu.

Terakhir, ada tahap wawancara. Tahap ini kerap membuat dag dig dug ser hati para pelamar. Tentu saja alasannya adalah takut menghadapi pewawancara. Ketakutan ini bisa jadi timbul dari rasa kurang percaya diri. Nah, supaya rasa percaya dirimu muncul, kamu perlu membekali dirimu dengan pelbagai hal seperti informasi teranyar tentang institusi dan wawasan umum lain.

Sekadar tips nih, selama wawancara, posisikan dirimu sebagai pemerintah. Dengan memberi jawaban dari sudut pandang pemerintah, kamu bisa memperbesar peluang untuk lolos.

Serangkaian tahap seleksi itu pasti membuatmu lelah, Millens. Namun, kelelahan itu pasti terbayar dengan status PNS yang bakal kamu dapatkan. So, selamat berjuang! (IB15/E04)