Sebelum Dua Garis Biru, Film-Film Ini Juga Menyoal 'Hamil di Luar Pernikahan'

Lantaran masih dianggap tabu, pro dan kontra hampir selalu menjadi cerita hangat saat sebuah film tentang kehamilan di luar pernikahan seperti Dua Garis Biru diluncurkan. Sebelumnya, deretan film ini juga sempat menjadi perdebatan. Apa saja?

Sebelum <em>Dua Garis Biru</em>, Film-Film Ini Juga Menyoal
"Dua Garis Biru", salah satu film remaja yang mengangkat tema kehamilan di luar pernikahan. (Pesonabsi)

Inibaru.id – Siapapun mungkin bakal sepakat, pendidikan seksual bagi remaja penting diberikan. Sayang, sebagian orang masih menganggapnya tabu untuk dibicarakan, misalnya tentang kehamilan di luar pernikahan. Saat kisah itu diangkat ke layar lebar, nggak jarang orang memperdebatkannya.

Yang terbaru, tentu saja tentang Dua Garis Biru. Kendati banyak pesan moral di dalamnya, film tersebut sempat dipetisi karena mengangkat kisah sejoli berusia 17 tahun yang akhirnya menikah lantaran mengalami kehamilan di luar pernikahan.

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik Film Dua Garis Biru

Dua Garis Biru bukanlah film pertama yang menyoal hal tersebut. Sebelumnya, deretan film tentang kehamilan di luar pernikahan di kalangan remaja juga pernah diangkat ke layar lebar Tanah Air.

Belum Cukup Umur (2010)

Disutradarai Nayato Fio Nuala, film yang diputar di bioskop Indonesia pada 2010 ini menceritakan tentang Aya (Joanna Alexandra) yang hamil setelah berpacaran dengan Ares (Zidni Adam). Dibantu sahabat keduanya, Brenda (Mentari), mereka berusaha menggugurkan kandungan Aya.

Pada akhir cerita, Aya memutuskan untuk nggak menggugurkan kandungan dan berusaha menjalani hidup dan tetap hamil.

MBA (2008)

Film yang dirilis pada 2008 tersebut juga menceritakan tentang hamil di luar pernikahan. Lantaran terprovokasi teman-temannya, Ole (Nikita Willy), yang menjalin hubungan dengan Rascal (Marcell Darwin), hamil. Mereka mencoba aborsi, tapi gagal.

Kehamilan itu membuat masa depan Ole berantakan. Dia pun menjalani kehamilan hingga membuat keluarganya gempar.

Satu Jam Saja (2010)

Menggandeng aktor watak Vino G Bastian yang beradu peran dengan Revalina S Temat dan Andhika Pratama, film garapan Ario Rubbik ini rilis pada pada 7 Oktober 2010. Satu Jam Saja berkisah tentang pengorbanan Andika (Vino) untuk menikahi Gadis (Revalina) yang dihamili Hans (Andhika), sahabatnya.

Kendati nggak menjadikan hamil di luar pernikahan sebagai isu utama, konflik ketiganya menarik untuk disimak, khususnya gimana mereka menyelesaikan permasalahan itu dan cara mereka berdamai satu sama lain setelah sebelumnya sempat berseteru.

Tertarik menontonnya? Menonton film tentang hamil di luar pernikahan nggak lantas bakal bikin kamu kebablasan, kok, Millens! Justru ini bisa jadi pelajaran, ada konsekuensi yang harus kamu tanggung jika kamu kebablasan! Sepakat? (IB24/E03)