Sebelum Akut, Kenali Tanda-Tanda Overthinking Ini

Sebelum Akut, Kenali Tanda-Tanda <em>Overthinking</em> Ini
Ilustrasi overthinking. (Shutterstock)

Overthinking adalah salah satu hal yang berbahaya buat kesehatan mentalmu jika terus-terusan dipelihara. Kenali tanda-tanda overthinking di bawah ini sebelum terlalu akut.

Inibaru.id – Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan memang kerap dialami oleh banyak orang. Sering memikirkan sesuatu secara berlebihan, merasa cemas, bahkan merasa stres karena hal sepele juga termasuk overthinking. Nggak hanya mengganggu kesehatan fisik, overthinking juga mengganggu kesehatan mental penderitanya.

Melansir dari IDN Times (27/2/2018), beberapa hal berikut ini merupakan tanda bahwa kamu termasuk orang yang overthinking. Apa saja?

Baper dan Terlalu Memikirkan Komentar Orang Lain

Jangan terlalu memikirkan komentar orang lain. (Thinkstockphotos)

Salah satu tanda sederhana bahwa kamu termasuk orang yang overthinking adalah mudah baper alias bawa perasaan. Nggak jarang kamu jadi terlalu memikirkan komentar orang lain terhadapmu hingga membuatmu merasa sedih, sakit hati, dan bahkan membenarkan apa yang mereka katakan. Padahal nggak seharusnya kamu merasa demikian dan abaikan komentar orang lain.

Nggak Lepas dalam Bercanda

Canggung dalam bercanda. (Familyshare)

Nggak bisa lepas dalam bercanda juga salah satu tanda bahwa kamu termasuk orang yang overthinking. Dalam hal ini kamu nggak bisa lepas saat bercanda karena terlalu memikirkan jawaban dari lawan bicaramu dan takut jika candaanmu menyakiti mereka.

Berpikiran Banyak Orang Nggak Suka

Jangan terlalu memikirkan orang yang nggak menyukaimu. (Shutterstock)

Beranggapan banyak orang yang nggak menyukaimu tanpa alasan yang jelas juga termasuk overthinking. Secara nggak langsung, anggapanmu tersebut bikin nggak percaya diri dan menimbulkan prasangka buruk terhadap orang lain.

Terlalu Memprediksikan Hal Negatif yang Bakal Terjadi

Hindari pikiran negatif. (2014 Constantin Film Produktion GmbH)

Seseorang yang overthinking akan selalu berpikir jauh pada setiap kejadian maupun kegiatan yang telah dilakukan bahkan terkadang hingga memikirkan hal-hal negatif yang bakal terjadi. Memikirkan konsekuensi dari setiap kegiatan memang perlu, namun jika berlebihan akan buruk juga.

Lebih Fokus pada Kekurangan dan Lupa pada Kelebihan

Jangan sibuk memikirkan kekurangan. (Rolisupiawan)

Orang yang overthinking lebih sering mengkhawatirkan kekurangan yang ada dalam dirinya sehingga dia mudah merasa kecewa dan tidak percaya diri dalam segala hal. Perasaan ini justru menutupi jati diri dan kelebihan yang dimiliki. Pada akhirnya, suatu tindakan yang ingin dilakukan oleh orang tersebut hanya sebatas keinginan tidak bisa direalisasikan karena ketidakpercayaannya itu.

Selagi bisa, cobalah untuk berhenti atau mengurangi hal-hal di atas agar nggak overthinking melulu ya, Millens. (IB18/E06)

Baca juga:Saya Ketemu Didi Kempot di Balik Panggung, Dapat Wejangan Apa?