Sebelum Adam Tercipta, Iblis dan Malaikat Pernah Bersatu Memerangi Para Jin di Bumi

Sebelum Adam Tercipta, Iblis dan Malaikat Pernah Bersatu Memerangi Para Jin di Bumi
ilustrasi Adam ketika menjadi khalifah di Bumi. (Unplash via Okezone)

Kesalahan yang dilakukan Adam dan hawa ketika di surga membuat mereka diusir oleh Allah. Tempat kedua sejoli itu turun adalah bumi. Jadi, sebelum keduanya diciptakan, bumi sudah dulu ada. Tapi siapa ya yang menjadi penghuni bumi sebelum Adam dan Hawa?

Inibaru.id – Ibu Katsir dalam Tafsir Alquran al-Adzim mengemukakan beberapa pendapat dari sahabat, tabiin, dan para ulama. Pendapat pertama datang dari Ibnu Abbas. Menurutnya, yang pertama menempati bumi adalah bangsa jin, kemudian mereka berbuat kerusakan dan saling membunuh. Lalu Allah mengutus Iblis untuk menghabisi mereka dan bangsanya hingga mereka terpojok ke daerah-daerah pegunungan dan laut. Allah kemudian menciptakan Adam untuk ditempatkan di muka bumi.

Pendapat lain dikemukakan Mujahid dan Abdullah bin Amr. Kalau kata mereka, Jin dan keturunannya tinggal di bumi 2000 tahun sebelum diciptakannya Adam. Sama dengan pendapat Ibu Katsir, mereka melakukan kerusakan di bumi dan saling membunuh.

Allah murka dan mengutus tentara dari bangsa Malaikat untuk memerangi mereka hingga terpojok di lautan. Ketika Allah memberitahu Malaikat akan menciptakan manusia, Malaikatpun mempertanyakan hal ini sebagaimana dalam QS Al Baqarah: 30.

Tiga Umat Sebelum Adam

ilustrasi Iblis. (Poxteer.com/ca via Republika)
ilustrasi Iblis. (Poxteer.com/ca via Republika)

Allah telah menciptakan tiga makhluk jauh sebelum Adam diciptakan. Mereka adalah, Banul Jan, Banul Ban, dan Izajil. Mereka semua adalah bangsa jin. 

Abu Jan adalah awal mula dari Banul Jan atau anak jin yang baik. Banul Jan adalah penghuni kedua sebelum bangsa manusia. Ketika itu Iblis belum lahir ke bumi. Iblis merupakan generasi keempat kenabian dari bangsa Jin, Millens.

Tubuhnya nggak dapat dilihat oleh seluruh makhluk, kecuali yang dikehendaki oleh Allah. Mereka dapat terbang sesuka hati. Awal kehidupan Iblis di surga dan sampai akhirnya hidup dan mati di bumi. Izajil merupakan bangsa iblis. Dari Izajil inilah keturunan iblis lahir dengan berbagai kelebihan dan kepandaian oleh Allah.

Ada dua kelompok Jin yang bertempur. Situasi yang membuat malaikat di langit menjadi gusar. Mereka lalu bertanya kepada Allah bahwasanya apakah selalu menciptakan khalifah yang hanya berbuat kerusakan di bumi. Akhirnya Allah memberi perintah kepada Azajil. Azajil memimpin pertempuran ditemani oleh malaikat, Jibril, Mikail, Izrail, dan bantuan para malaikat lainnya dalam misi menaklukkan kelompok jin yang bertikai di bumi.

Kemudian usai dikalahkan, akhirnya Allah menciptakan Nabi Adam. Baik azajil, malaikat, dan Adam diberikan ilmu karena Allah hendak menjadikan golongan-golongan tersebut khalifah dibumi. Setelah diuji ternyata yang lulus adalah nabi Adam. Allah kemudian memerintahkan Azajil dan Malaikat untk bersujud pada Adam, namun Azajil menolak.

Kesombongan mereka membuat Allah mengusir dan mengutuk mereka hingga kiamat nanti. Hm, kesombongan memang nggak boleh dipelihara ya, Millens? (Lon/IB21/E07)