Sebarkan Informasi Beasiswa di Jateng, WISH Festival Gelar Roadshow di Universitas Negeri Semarang

Sebarkan Informasi Beasiswa di Jateng, WISH Festival Gelar <em>Roadshow</em> di Universitas Negeri Semarang
Seminar pada WISH Festival. (Inibaru.id/ Audrian F)

World Indonesia Scholarship (WISH) Festival adalah penyedia beasiswa terbesar di Indonesia. Nah, Semarang juga kebagian dalam roadshow-nya. Seperti apa sih festival yang menjadi surga para pemburu beasiswa berikut ini?

Inibaru.id - Beasiswa mungkin merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh sebagian besar pelajar di negeri ini untuk menyokong proses pendidikannya. Nah, ngomong-ngomong soal beasiswa, ada festival penyedia beasiswa terbesar di Indonesia lo, Millens.

Yap, namanya adalah World Indonesia Scholarship (WISH) Festival. Ajang ini merupakan  digelar di sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Nah, kali ini Semarang dipilih sebagai salah satu kota penyelenggaranya. Tepatnya di Gedung LP3 dan LP2M Universitas Negeri Semarang, Sabtu (24/8). Kali ini, Semarang menjadi tujuan roadshow yang ke-11.

“Tahun ini roadshow di 21 privinsi. Untuk Jawa Tengah sendiri adalah yang ke-11. Perhelatan ini dilaksanakan sejak mulai dari bulan April hingga Oktober yang kemudian berakhir dengan puncak festival di Jakarta,” ujar Nur Dina Amalina, selaku ketua acara WISH Festival Jateng ini.

Acara yang pertama kalinya dicetuskan pada tahun 2018 ini berhasil mempertemukan antara lembaga pemberi beasiswa, mahasiswa, dan institusi pendidikan. Untuk kedua kalinya acara ini digelar di tahun 2019 dengan menggandeng lembaga pemberi beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri.

Festival beasiswa nasional terbesar di Indonesia bekerjasama dengan 30 lembaga pemberi beasiswa dalam dan luar negeri. Pantas saja acara ini dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah. 

Karena itu, hal ini nggak disia-siakan oleh para pencari beasiswa, di mana dalam acara ini mereka diarahkan untuk  bertemu dengan lembaga-lembaga pemberi beasiswa. 

Education Expo di WISH Festival. (Inibaru.id/ Audrian F)

Acara yang dipadatkan sehari ini diisi oleh beberapa kegiatan, antara lain seperti Scholarship Forum, Inspiring Talk, Scolarship Workshop dan Seminar, Scolarship Supermentor, serta Scholarship and Education Expo.

Para siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai jenjang tampak antusias menggali informasi beasiswa yang ada. Mereka berpindah dari stand satu ke stand yang lain.

“WISH Festival ini diikuti oleh para pelajar dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Sejauh ini tercata ada ratusan peserta,” ungkap Nur Dina. Yang ternyata juga sebagai dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unnes.

Sebagai alumni penerima beasiswa juga dari Mata Garuda Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Jawa Tengah, Nur Dina juga menggantung harapan besar dari penyelenggaraan WISH Festival ini. 

“Kita ingin memberikan informasi secara luas mengenai beasiswa kepada semua teman-teman pelajar. Yang di mana, bahwa beasiswa itu bertebaran di mana-mana. Nggak hanya dari lembaga pemberi beasiswa. Begitupun dengan sekolah yang nggak hanya terbatas pada sekolah di Indonesia saja. Sehingga, dari semua itu, teman-teman pelajar bisa mewujudkan mimpinya dengan setinggi langit,” tutru Dina.

Selanjutnya, roadshow akan dilanjut ke Universitas Tanjung Pura, Kalimantan Barat pada 31 Agustus mendatang. Siapa tahu kamu mau ke sana dan ikut ajang berfaedah ini. (Audrian F/E05)